Gubernur NTB terus dorong SMK bangun semangat industrialisasi

id NTB,SMK,Gubernur Zulkieflimansyah ,Industrialisasi

Gubernur NTB terus dorong SMK bangun semangat industrialisasi

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah terus mendorong semangat program industrialisasi di sekolah menengah kejuruan (SMK) di wilayah itu.

"Saya senang sekali melihat perkembangan SMK. Jika orang bertanya industrialisasi yang sering diomongkan, ya bisa dilihat di SMK kita, karena paling cepat menangkap ide-ide industrialisasi," katanya saat berada di SMKN 1 Sikur, Kabupaten Lombok Timur dalam keterangan tertulis diterima di Mataram, Ahad.

Gubernur juga berkesempatan meresmikan kelas Wirausaha Gerai Tefa Pujasera yang dibentuk oleh SMKN 1 Sikur. Nantinya, di kelas tersebut para siswa akan diajarkan bagaimana cara menjadi entrepreneur sejati yang mampu melahirkan usaha sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi daerah.

"Saya membayangkan kalau kelas kewirausahaan ini berhasil, maka semua desa kita akan hidup. Karena anak-anak kita di samping ada gelar dari lulusan SMK, punya kemampuan untuk melahirkan usaha. Kalau usaha ini ada di setiap desa, kecamatan, kabupaten, tentu ini sangat luar biasa dampaknya untuk ekonomi," katanya.

Selain itu, gubernur juga menyaksikan penandatanganan kerjasama antara SMKN 1 Sikur dengan Perusahaan Pariwisata Malaysia serta Bank Syariah Indonesia. Adapun bentuk dari PKS tersebut yaitu pelatihan "hospitality" untuk tenaga pengajar SMK se-NTB.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Sikur, Hasbi Ahmad menyampaikan bahwa rata-rata pendapatan para siswa yang menjadi wirausahawan Gerai Tefa Pujasera lumayan besar, yaitu Rp1 juta per hari.

"Dari laporan rata-rata mereka mendapatkan pendapatan per hari atau per malam Rp1 juta. Kalau 10 gerai berarti ada Rp10 juta yang didapatkan oleh anak-anak yang berjualan tiap malam. Kami akan berkoordinasi dengan para desa yang berada di kecamatan Sikur untuk tetap bersinergi. Mudah-mudahan program Bumdes-nya nanti bisa kita sinergi untuk sama-sama meningkatkan roda ekonomi di masyarakat," katanya.