Ummat gelar konferensi internasional bahas pertambangan NTB

id ummat,konferensi internasional,universitas muhammadiyah mataram,pertambangan ntb

Ummat gelar konferensi internasional bahas pertambangan NTB

Peserta konferensi internasional tentang pertambangan dan teknologi lingkungan atau "International Conference on Mining and Environmental Technology" (ICMET) 2022 di NTB yang digelar Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) berfoto bersama usai kegiatan di Mataram, Jumat (19/8/2022). (ANTARA/HO-Humas Ummat)

Mataram (ANTARA) - Program Studi Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat), menggelar konferensi internasional tentang pertambangan dan teknologi lingkungan atau "International Conference on Mining and Environmental Technology" (ICMET) 2022, di Nusa Tenggara Barat.

Rektor Ummat Dr. Arsyad Abd. Gani melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Jumat, menjelaskan konferensi internasional ini digelar untuk kali keduanya dengan pelaksanaan pertama di tahun 2019. "Untuk pelaksanaan kedua ini, kami mengangkat tema 'Good Mining Practices and its Application' (praktik pertambangan yang baik dan penerapannya)," kata Arsyad.

Menurut dia, konferensi ini sangat penting dilaksanakan, utamanya bagi kalangan akademisi jajaran perguruan tinggi dalam mengkaji dan menganalisa tentang berbagai persoalan. "Khususnya di Ummat, ada program studi S1 Pertambangan dan D3 Pertambangan. Jadi isu pertambangan di NTB begitu hebat sehingga kami mencoba melakukan konferensi internasional dengan menghadirkan para pakar untuk mengkaji persoalan ini sesuai dengan tema yang kami angkat," ujarnya.

Joni Safaat Adiansyah, ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa konferensi ini berlangsung dua hari sejak Kamis (18/8). Sebelumnya, Ummat menggelar "Sharing Session and Corporate Goes to Campus" pada 30 Maret 2022 sebagai rangkaian dari ICMET 2022.

Baca juga: Terbitnya Perpres, NTB siap mengatur izin pertambangan batuan nonlogam
Baca juga: Penghargaan di "Good Mining Practice Award", Amman Mineral terus berkomitmen terapkan pertambangan yang berkelanjutan


Dalam konferensi ini hadir Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, Walikota Mataram, Rektor Ummat, Rektor Universitas Cordova, Rektor Universitas Pendidikan Mandalika, Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Badan Pengurus Pusat Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia, Kepala Dinas ESDM Provinsi NTB, Kepala Dinas Lingkungan Hidup NTB, Kepala Bapedda NTB, Kepala Badan Riset NTB.

Hadir pula pihak sponsor dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, PT. Amman Mineral Nusa Tenggara, PT. Dahana, dan PT. Semen Padang Indonesia. Bahkan turut hadir secara daring Menteri ESDM Republik Indonesia Prof. Irwandy Arif sebagai pembicara utama, dan para pakar yang ahli dalam bidang pertambangan.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) NTB Ir. Zainal Abidin mewakili Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah memberikan apresiasi kepada Ummat yang telah menginisiasikan dan memfasilitasi kegiatan ini.

"Kita harus bersyukur, karena NTB kaya akan sumber daya alam antara lain kekayaan mineral logam dan migas yang sangat berpotensi untuk daerah kita dibandingkan dengan daerah-daerah lain. Semoga melalui konferensi ini kita bisa sama-sama tahu bagaimana cara mengelola dengan baik," ucap Zainal.