ASOPAM DIHARAPKAN MAMPU LINDUNGI HAK PELANGGAN PDAM

id

     Mataram, (ANTARA) - Pengurus Asosiasi Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (Asopam) Lombok Tengah, provinsi Nusa Tenggara Barat diharapkan mampu melindungi hak-hak anggotanya sebagai pelanggan perusahaan daerah tersebut.
     Ketua Asopam Lombok Tengah Agus Wirahadi Kusumahadi di Praya, mengatakan, pengurus Asopam hasil Musyawarah Besar dilaksanakan di Praya 25 Desember 2012 telah menghasilkan tiga hal Anggaran Dasar ASOPAM, Anggaran Rumah Tangga dan kepengurusan Asopam tiga tahun ke depan, 2012-2015.
     "Keberadaan organisasi tersebut bertujuan untuk menghimpun potensi yang ada bersama-sama dalam mengupayakan perlindungan hak-hak anggota, memperluas kerja-kerja sosial kemasyarakatan dan mendorong tatakelola sumber daya air yang adil dan berkelanjutan.
     Asopam Lombok Tengah tersebut beranggotakan dua unsur, yakni anggota perorangan dan kedua anggota luar biasa yang berasal dari unsur perseorangan yang bukan merupakan pelanggan PDAM Lombok Tengah tetapi memiliki keinginan untuk membantu maupun melibatkan diri dalam kegiatan organisasi.
     Untuk mencapai tujuan organisasi, Asopam Lombok Tengah  telah menyelenggarakan berbagai ikhtiar yang terkait dengan pemenuhan tujuan organisasi, diantaranya upaya-upaya untuk mengkosolidasikan organisasi dengan peningkatan kapasitas pengurus dan anggota secara berkala.
     Selain itu mengupayakan pendanaan secara mandiri maupun melalui usaha-usaha lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan prinsip organisasi dan membangun sistem pelayan terpadu terhadap persoalan pelanggan yang terkait dengan pelayanan perusahaan.
     Di samping itu juga mengenai persoalan-persoalan sosial yang dipandang perlu untuk dikerjakan oleh organisasi.
     Sementara tujuan eksternal  meliputi upaya secara organisasional turut ambil bagian dalam agenda-agenda perubahan selama tidak bertentangan dengan azas dan prinsip organisasi.
     "Kerja strategis kedepan yang akan dilakukan oleh Asopam adalah menggelar sosialisasi kepada publik, melengkapi dan membenahi struktur,  mendorong tatakelola sumber daya air berbasis hak dan keberlanjutan Sumber Daya Air  yang dilakukan melalui, pengorganisasian,  kampanye dan penyadaran," katanya.
     Secara khusus akan merancang mekanisme pengaduan pelanggan secara cepat kepada PDAM Lombok Tengah melalaui peran singkat (SMS) dan media strategis lainnya.
     Pengurus Asopam Lombok Tengah periode 2012-2015 adalah Agus Wirahadi Kusumahadi, Sekretaris Lalu Amrullah, bendahara Abdul Rasyid dan Pembina Asopam adalah Ale Al Khairi, Catur Kukuh dan Bupati Lombok Tengah H Suhaili FT.

(ant)