Info BMKG: ratusan kali gempa terjadi di Bengkulu sepanjang 2022

id Info BMKG,Gempa di Bengkulu,BMKG,Bengkulu,Info BMKG Gempa,Info Gempa BMKG

Info BMKG: ratusan kali gempa terjadi di Bengkulu sepanjang 2022

Kantor Geofisika BMKG di Kabupaten Kepahiang. ANTARA/Anggi Mayasari

Kabupaten Kepahiang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kepahiang menyebutkan bahwa sejak Januari hingga 14 Desember 2022 telah terjadi sebanyak 476 kali gempa tektonik terjadi di wilayah Provinsi Bengkulu.
 
"Sejak Januari hingga saat ini sebanyak 476 kali terjadi gempa bumi di wilayah Bengkulu," kata Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Pertama BMKG Kepahiang Ayu Wandari saat dikonfirmasi, Kamis.

Untuk kekuatan gempa yang terjadi sejak Januari hingga saat ini memiliki kekuatan gempa yang bervariasi dengan kekuatan terendah yaitu 2.3 magnitudo dan untuk kekuatan tertinggi sekitar 6.8 magnitudo.
 
Ia menyebutkan, ada tiga wilayah di Provinsi Bengkulu yang sering terjadi gempa bumi tektonik yaitu sekitar wilayah Pulau Enggano, Kabupaten Kaur dan Kabupaten Bengkulu Selatan.
 
Meskipun Bengkulu sering terjadi gempa bumi, namun masyarakat diminta agar tetap waspada apabila terjadi gempa dengan mempersiapkan diri untuk melakukan evakuasi apabila sewaktu-waktu merasakan gempa.
 
Sementara itu, Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu Anang Anwar menjelaskan bahwa gempa bumi yang sering terjadi di wilayah Bengkulu dengan kekuatan kecil menyebabkan pelepasan energi di lempeng bumi akan terjadi terus menerus sehingga mengurangi terjadinya gempa berkekuatan besar.
 
"Dengan sering terjadinya gempa bumi, masyarakat Bengkulu diharapkan untuk tidak panik saat terjadi gempa bumi, namun tetap waspada dan selalu berhati-hati," ujarnya.
 
Pada Jumat (18/11) telah terjadi gempa susulan sebanyak enam kali di Pulau Enggano dengan kekuatan yang berbeda-beda sejak terjadi 6,8 magnitudo.
 
Untuk pertama gempa terjadi berkekuatan 6,8 magnitudo, kedua berkekuatan 4,7 magnitudo, ketiga 5,6 magnitudo, keempat 4,4 magnitudo, kelima 4,3 magnitudo dan keenam 4,4 magnitudo dan ketujuh 4,1 magnitudo.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: ratusan kali gempa terjadi di Bengkulu selama 2022