Pemprov NTB mengapresiasi komitmen Pemkot Mataram susun RPIK

id Dinas Perindustrian NTB,RPIK Mataram,Kota Mataram

Pemprov NTB mengapresiasi komitmen Pemkot Mataram susun RPIK

Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti (kanan) saat menerima kunjungan Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Mataram Lalu Fatwir Uzali di Mataram, Kamis (15/12/2022). ANTARA/Awaludin

Mataram, NTB (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengapresiasi komitmen Pemerintah Kota Mataram yang segera merampungkan rencana pembangunan industri kota (RPIK) sebagai pedoman dalam pembangunan industri selama 20 tahun ke depan.

"RPIK Mataram informasinya sudah dalam tahap akhir penyusunan, kami sangat mengapresiasi sekali," kata Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti saat menerima kunjungan Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperinkop UKM) Kota Mataram Lalu Fatwir Uzali di Mataram, NTB, Kamis.

RPIK Mataram, kata dia, yang nantinya akan menjadi pedoman dalam pembangunan industri selama 20 tahun ke depan, dapat menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya di NTB, sebagai acuan dalam menyusun rencana pembangunan industri kabupaten/kota.

"Terima kasih Pak Kadis dan tim, Alhamdulillah akhirnya RPIK bisa rampung. Semoga nanti Kota Mataram bisa menjadi contoh dan mendampingi kabupaten/kota lainnya untuk menyusun RPIK," ujarnya.

Sementara itu, Fatwir mengatakan industri di Kota Mataram butuh gambaran yang jelas, sehingga RPIK dipandang sangat membantu pembangunan Industri agar hasilnya tidak gamang.

"RPIK ini segera kami rampungkan agar kami memiliki pedoman, sehingga industrialisasi yang kami lakukan dapat terarah, terukur dan terukir," katanya.

Ia menambahkan dalam RPIK tersebut telah mencakup industri unggulan yang dipetakan dari potensi setiap kelurahan dan kecamatan yang ada di Kota Mataram, serta telah diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) dan Rencana Pembangunan Industri Nasional (RIPIN).

"Terutama dalam lima tahun pertama gaung yang akan disebarluaskan adalah Mataram Kota kuliner, sebagai tindak lanjut dari roadshow industrialisasi beberapa waktu lalu," ujarnya.

Langkah selanjutnya, kata Fatwir, Dinas Perindustrian NTB memberikan surat rekomendasi sebagai dasar pembahasan di Komisi II DPRD Kota Mataram, dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Mataram tentang Rencana Pembangunan Industri Kota Mataram tahun 2022-2042.