Disperin NTB-Jatim bermitra kembangkan kawasan industri

id Dinas Perindustrian NTB,Jawa Timur,Kawasan Industri

Disperin NTB-Jatim bermitra kembangkan kawasan industri

Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti (kiri), mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, melihat ragam produk pelaku industri kecil menengah yang dipamerkan dalam misi dagang dan investasi Jawa Timur dan NTB yang digelar di Mataram, Senin (27/2/2023). ANTARA/Awaludin

Mataram (ANTARA) - Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur menjalin kemitraan untuk membangun dan mengembangkan kawasan industri yang bisa memberikan dampak positif bagi pelaku industri kecil menengah (IKM) di kedua provinsi.

Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti, di Mataram, Selasa, mengatakan kerja sama dengan Dinas Perdagangan Jawa Timur sudah disepakati bersama dalam bentuk penandatanganan perjanjian kerja sama dalam misi dagang dan investasi Jawa Timur dan NTB yang digelar di Mataram pada 27 Februari 2023.

"Bentuk kerja sama yang telah disepakati bersama, meliputi pembangunan dan pengembangan kawasan industri, fasilitasi pengembangan produk IKM, fasilitasi promosi dan investasi, serta fasilitasi temu usaha bisnis pelaku usaha IKM," katanya.

Sebelum penandatanganan kerja sama, kata dia, pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan kunjungan ke sejumlah sentra IKM di Jawa Timur pada 2022.

Salah satu daerah yang dikunjungi adalah Kabupaten Sidoarjo yang memiliki areal Kawasan Industri Halal (KIH) Safe and Lock pertama di Indonesia, dengan luas 148 hektare yang tergabung dalam sebuah kawasan industri terintegrasi seluas 410 hektare.

Studi banding ke Kabupaten Sidoarjo dilakukan karena NTB juga sedang membangun kawasan industri halal yang diharapkan mampu menjadi ikon NTB ke depan dengan menggabungkan seluruh proses industri dalam satu kawasan.

"Jadi seluruh proses industri dilakukan dalam satu kawasan, mulai dari penyediaan bahan baku yang terjamin, baik dari sisi jumlah maupun kualitasnya. Dan itu coba kita tiru dari Jatim yang sudah berkembang," ujar Nuryanti

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Iwan mengatakan tujuan diadakannya kegiatan misi dagang Jatim dan NTB adalah untuk meningkatkan jumlah transaksi perdagangan antara kedua kedua provinsi dan saling membantu dalam hal pengembangan IKM.
Baca juga: Disperin-BI NTB berkolaborasi memperkuat daya saing IKM pertanian
Baca juga: Disperin NTB gandeng KOIN memetakan IKM binaan


Ia juga berharap kerja sama yang sudah disepakati bisa berjalan lancar sehingga tujuan untuk terus meningkatkan ekonomi daerah dengan memberikan peran yang kuat kepada pelaku IKM bisa tercapai.

"Kegiatan misi dagang dan investasi ini diselenggarakan dalam bentuk forum bisnis untuk memfasilitasi upaya peningkatan transaksi perdagangan melalui kesepakatan bisnis dari para pelaku IKM kedua provinsi," ucapnya.