10 daerah luar NTB meriahkan Sestival Senggigi

id Festival Senggigi, 10 peserta luar daerah NTB, pariwisata

10 daerah luar NTB meriahkan Sestival Senggigi

Bupati Lombok Barat DR H Zaini Arony, berpidato pada pembukaan Festival Senggigi 2013, yang digelar di pusat kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat, Senin (1/7). (Foto: antaramataram/Anwar) (Festival Senggigi 2013)

"Selain peserta dari NTB, juga ada peserta dari 10 daerah di luar NTB," kata Ketua Panitia Festival Senggigi 2013 I Gede Renjana.
Lombok Barat, NTB (Antara Mataram) - Peserta dari 10 daerah di luar Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ikut memeriahkan Festival Senggigi 2013 yang digelar di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, 1-4 Juli.

"Selain peserta dari NTB, juga ada peserta dari 10 daerah di luar NTB," kata Ketua Panitia Festival Senggigi 2013 I Gede Renjana, saat menyampaikan laporan pada pembukaan Festival Senggigi 2013, di Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 13 kilometer arah utara Kota Mataram, Senin sore.

Pembukaan Festival Senggigi 2013 itu dihadiri Direktur Promosi Konvensi, Insentif, Event, dan Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) Rizki Handayani, Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H Muhammad Nur, dan Bupati Lombok Barat H Zaini Arony.

Para wisatawan mancanegara yang tengah berwisata di Pulau Lombok juga menghadiri acara tersebut, yang digelar di badan jalan kawasan Senggigi itu.

Renjana menyebut peserta dari 10 daerah diluar NTB itu yakni berasal dari Kabupaten Labuhan Batu (Provinsi Sumatera Utara), Kabupaten Batu Bara (Sumatera Utara), Kota Magelang (Jawa Timur), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Kalimantan Selatan), Kabupaten Hulu Sungai Utara (Kalimantan Selatan), Kabupaten Sleman (Yokyakarta), Kabupaten Sukabumi (Jawa Barat).

Selanjutnya, peserta dari Kabupaten Banjar (Kalimantan Selatan), dan peserta dari Kota Pariwisata Jakarta Selatan (Jakarta), serta peserta dari Provinsi Lampung.

"Setiap peserta mengisi stan pameran industri kreatif yang disediakan panitia dalam rangkaian Festival Senggigi. Ada juga pentas seni dan budaya dari masing-masing peserta yang akan digelar mulai malam nanti," ujarnya.

Renjana yang menjabat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat itu melaporkan, Festival Sengigi merupakan kegiatan rutin setiap tahun, telah menjadi bagian dari Kalender Pariwisata NTB.

Festival tersebut bertujuan sebagai wahana promosi potensi pariwisata dan sektor unggulan lainnya, serta momentum memperkenalkan budaya Kabupaten Lombok Timur pada khususnya dan NTB pada umumnya.

"Harapannya, potensi pariwisata dan sektor unggulan lainnya yang ada di Lombok Barat, dapat dikenal di luar daerah, bahkan diluar negeri," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Sekda NTB H Muhammad Nur mengingatkan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat agar terus menyelenggarakan acara tersebut karena sangat bermanfaat dalam mempromosikan potensi pariwisata Lombok Barat sebagai pintu gerbang Provinsi NTB.

Nur juga berharap, Festival Senggigi itu digelar secara rutin dan konsisten serta melibatkan partisipasi semua pihak secara total.

Sedangkan Bupati Lombok Barat H Zaini Arony, mengajak semua pihak untuk bahu-membahu memajukan sektor pariwisata di daerah itu.

"Ada tiga hal yang menjadi daya tarik pengembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Barat, yakni keindahan alam yang layak dijual, keunikan budaya, dan daya dukung masyarakat," ujarnya. (*)