PAN klaim pendukung di NTB makin signifikan

id PAN NTB, dukungan konstituen untuk Pemilu 2014

PAN klaim pendukung di NTB makin signifikan

Ketua DPW PAN NTB H Muazzim Akbar, menjelaskan hasil survei terhadap PAN terkait Pemilu 2014, di wilayah NTB. (Foto: Anwar Maga) (PAN NTB)

"Hasil survei internal partai, dukungan PAN di wilayah NTB makin signifikan, terutama di Pulau Sumbawa, yang mencapai 51 persen," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN NTB H Muazzim Akbar.
Mataram (Antara Mataram) - Partai Amanat Nasional (PAN) mengklaim jumlah pendukung di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) makin signifikan, sehingga pengurus partai makin optimistis akan mendulang banyak suara pada Pemilu 2014.

"Hasil survei internal partai, dukungan PAN di wilayah NTB makin signifikan, terutama di Pulau Sumbawa, yang mencapai 51 persen," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN NTB H Muazzim Akbar, di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan, survei elektabilitas partai itu dilakukan guna mengukur tingkat dukungan publik terhadap parpol peserta Pemilu 2014.

Meningkatnya dukungan terhadap PAN di Pulau Sumbawa itu tidak terlepas dari keterlibatan sejumlah tokoh sentral yang menjadi calon anggota legislatif dari PAN.

"Ada mantan Wakil Bupati Sumbawa M Jabir, ada mantan Bupati Bima Zainul Arifin, ada tokoh kharismatik di Dompu yakni H Syamsudin HK. Caleg `incumbent` untuk DPR H Syafruddin juga dari Pulau Sumbawa," ujarnya.

Muazzim juga mengklaim dukungan untuk PAN di Pulau Lombok juga mengalami peningkatan berdasarkan hasil survei elektabilitas partai, meskipun belum mayoritas.

Ia menyebut, hasil survei dukungan PAN di Pulau Lombok pada lima kabupaten/kota berkisar antara 8-15 persen. Dukungan terbanyak di Kabupaten Lombok Timur.

"Mungkin karena caleg PAN di dapil NTB tidak menggunakan caleg `impor` atau figur diluar partai. Semua caleg PAN di NTB mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga pusat, merupakan putra daerah NTB yang juga pengurus inti," ujarnya.

Dari hasil survei dan keterlibatan tokoh sentral sebagai caleg PAN, Muazzim optimistis partainya itu akan dapat menggapai target tiga besar perolehan suara pada Pemilu 2014 mendatang.

Pada Pemilu Legislatif 2009 lalu, PAN hanya mampu menduduki posisi kelima dalam perolehan suara, berada di bawah Partai Golkar, PBB, PKS, dan Partai Demokrat.

Dengan posisi itu, PAN hanya mapu meloloskan empat wakilnya di DPRD NTB namun gagal merebut satu kursi pimpinan. (*)