Pemkab Lombok Tengah membantu motor kepala dusun tingkatkan pelayanan

id Motor dinas kepala dusun ,Lombok Tengah

Pemkab Lombok Tengah membantu motor kepala dusun tingkatkan pelayanan

Bupati Lombok Tengah, NTB, H Lalu Pathul Bahri (kanan) saat menyerahkan bantuan sepeda motor dinas kepala dusun kepada perwakilan pada acara safari Ramadhan di Kecamatan Peringgerate, Minggu (2/4/2023) malam. ANTARA/Humas Pemkab Lombok Tengah

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, memberikan bantuan kendaraan operasional atau motor dinas kepada kepala dusun dan kepala lingkungan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di daerah setempat.

"Tahun 2023 ditargetkan kepala dusun dan kepala lingkungan mendapatkan sepeda motor," kata Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri di Praya, Senin.

Ia menyebut jumlah kepala dusun dan kepala lingkungan di Lombok Tengah mencapai 1,800 orang lebih yang tersebar di 139 desa dan kelurahan di 12 kecamatan, sehingga pemberian motor dinas ini dilaksanakan secara bertahap karena keterbatasan anggaran.

"Sejak tahun 2022 sebanyak 600 unit sepeda motor telah diberikan kepada mereka dan 2023 ini sisanya kita tuntaskan," katanya.

Ia menegaskan pemberian kendaraan roda dua ini bukan untuk kepentingan pribadi kepala dusun ataupun kepala lingkungan, namun sepeda motor ini diharapkan untuk bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Sepeda motor ini diberikan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Tengah, Zaenal Mustakim mengatakan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah tahun 2023 mengalokasikan dana Rp24 miliar untuk pembelian kendaraan dinas bagi kepala dusun dan kepala lingkungan di 139 desa/kelurahan.

Untuk pembelian motor dinas kepala dusun tahap pertama sebanyak 600 orang telah dilaksanakan di 2022 dengan nilai anggaran Rp12 miliar, dan di tahun 2023 sebanyak 1200 kepala dusun diberikan sepeda motor, sehingga semua kepala dusun di Lombok Tengah sudah memiliki kendaraan dinas sesuai program Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah.

"Pemberian motor dinas ini dilaksanakan secara bertahap dan ditargetkan 2023 tuntas semua dengan nilai anggaran Rp24 miliar," katanya.