Lombok Tengah dapatkan kuota 1.031 formasi P3K tenaga kesehatan 2023

id Formasi Tenaga kesehatan ,Lombok Tengah

Lombok Tengah dapatkan kuota 1.031 formasi P3K tenaga kesehatan 2023

Bupati Lombok Tengah, NTB, H Lalu Pathul Bahri saat memberikan santunan bagi anak yatim saat acara safari Ramadhan di Kecamatan Kopang, Senin (3/4/2023). ANTARA/Akhyar

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mendapatkan kuota 1.031 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tenaga kesehatan (nakes) pada seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) 2023.

"Alhamdulillah, kita mendapatkan kuota P3K nakes itu sebanyak 1.031 orang," kata Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri saat acara safari Ramadhan di Kecamatan Kopang, Senin.

Ia mengatakan kebutuhan tenaga kesehatan di Lombok Tengah masih banyak, kalau melihat dari jumlah penduduk Lombok Tengah yang mencapai 1 juta lebih membutuhkan 1.200 dokter. Sedangkan jumlah dokter di Lombok Tengah saat ini baru mencapai 202 dokter.

"Artinya Lombok Tengah masih kekurangan dokter," katanya.

Oleh karena itu, dengan adanya penambahan P3K tenaga kesehatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Semoga ini bisa meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan mencegah adanya kasus stunting," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Suardi mengatakan untuk proses seleksi P3K tenaga kesehatan baik itu, perawat, bidan dan dokter itu masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

"Kita tunggu keputusan dari pemerintah pusat," katanya.

Ia mengatakan, jumlah formasi P3K tenaga kesehatan yang diusulkan itu sebanyak 2.566 formasi termasuk non kesehatan. Namun, kuota yang diberikan pemerintah pusat itu mencapai 1031 formasi tenaga kesehatan untuk seleksi 2023.

"Informasi proses seleksi masih belum, kita masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat," katanya.*