Aman ketersediaan hewan kurban Idul Adha di NTB

id Hewan Kurban di NTB Aman untuk Idul Adha,Idul Adha 1444 Hijriah NTB,kurban ntb

Aman ketersediaan hewan kurban Idul Adha di NTB

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah. ANTARA/Nur Imansyah

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengatakan ketersediaan hewan kurban untuk Idul Adha 1444 Hijriah di daerah ini aman."Ketersediaan hewan kurban di NTB, alhamdulillah semuanya siap," kata Zulkieflimansyah, di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan ketersediaan hewan kurban di NTB ini sudah dilihat oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat berkunjung ke peternakan sapi di Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Senin (26/6).

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya bersama Mentan memastikan persediaan sapi untuk Idul Adha di NTB tersedia cukup dan aman. Selain membahas ketersediaan sapi di NTB, Zulkieflimansyah meminta Mentan untuk membantu penyelesaian peternak-peternak asal NTB yang hewan ternaknya belum terserap di Jakarta.

"Mentan telah menugaskan staf khusus untuk menyelesaikan masalah ini," ujarnya.

Bang Zul, sapaan akrabnya, juga sudah berkoordinasi dengan Plt Gubernur DKI Jakarta dan Kepala Badan Pangan Nasional agar sapi-sapi NTB yang belum terserap di Jakarta bisa diserap oleh BUMD DKI. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) NTB Muhammad Riadi mengatakan stok hewan kurban di NTB sebanyak 19.731 ekor. Terdiri dari sapi 10.640 ekor, kerbau 150 ekor, dan kambing 8.941 ekor.

Baca juga: Sapi kurban bantuan Presiden diserahkan ke Singkil
Baca juga: Pemkot Kupang serahkan hewan kurban Idul Adha 2023


"Tahun lalu, jumlah hewan kurban kita sebanyak 10.133 ekor sapi, 181 ekor kerbau, dan 8.128 ekor kambing," katanya lagi.