Harga kedelai Rp9 ribu per kilogram di Lombok Tengah bagus untuk petani

id Harga kedelai ,Lombok Tengah

Harga kedelai Rp9 ribu per kilogram di Lombok Tengah bagus untuk petani

Kedelai (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan, harga kedelai pada musim tanam 2023 cukup bagus atau bisa mencapai Rp9.000 per kilogram.

"Harga kedelai saat ini cukup menguntungkan para petani kita," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Muhammad Kamrin di Praya, Senin.

Ia mengatakan, harga kedelai tahun ini cukup bagus bila dibandingkan dengan harga kedelai pada musim tahun lalu yang mencapai Rp7 ribu per kilogram. Selain itu, produksinya tanaman kedelai saat ini cukup baik bisa mencapai 1 ton per hektar.

"Produksi juga cukup baik, rata-rata bisa 1 ton per hektar," katanya.

Ia mengatakan, program bantuan benih kedelai 2023 dari Kementerian Pertanian yang telah di tanam para petani di Kecamatan Praya Barat, Praya dan Kecamatan Jonggat tersebut telah dipanen.

"Program bantuan benih kedelai gratis yang diberikan kepada petani pada musim tanam ke tiga ini telah dipanen," katanya.

Ia mengatakan, tiga kecamatan tersebut telah ditetapkan sebagai sentra pengembangan dan budidaya tanaman kedelai, karena para petani di wilayah tersebut telah terbiasa menanam kedelai.

"Luas tanam kedelai di Kecamatan Praya, Praya Barat dan Kecamatan Jonggat itu sekitar 2.575 hektar pada musim tanam ketiga 2023. Rata-rata telah panen semua,"katanya.