UMKM berpartisipasi meriahkan PRB XI di Kendari

id Pj Gubernur ajak UMKM,UMKM, Kendari

UMKM berpartisipasi meriahkan PRB XI di Kendari

Pj.Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto. ANTARA/Azis senong

Kendari (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto meminta para perangkat daerah untuk melibatkan sebanyak mungkin pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam memeriahkan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (BPRB) ke-XI 2023 tingkat Nasional di Kota Kendari.

"Tamu sekian banyak yang berkunjung di Kendari, saya berharap berita baik ini disampaikan kepada para pelaku usaha UMKM. Mari kita sampaikan berita baik ini kepada lingkungan sosial kita, keluarga kita terutama juga kebersihan dan berbagai hal lain," kata Penjabat Gubernur Sultra di Kendari, Selasa.

Untuk diketahui, peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana yang setiap tahun dilakukan itu merupakan sarana untuk memperkuat pemahaman pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat terhadap aktivitas PRB sebagai investasi untuk ketangguhan.

Secara umum, peringatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku PRB serta dapat dijadikan ajang pembelajaran bersama bagi pelaku PRB seluruh Indonesia.

Kepala BPBD Provinsi Sulawesi Tenggara Muhammad Yusuf mengatakan, dalam kegiatan khusus dari bulan PRB itu adalah mengembangkan kemitraan antara Pemerintah, Pemda, lembaga usaha dan masyarakat dalam pembangunan yang berkesinambungan dan berbasis PRB.

Di samping itu, melakukan sosialisasi dan diseminasi hasil-hasil aksi nyata pelaku lembaga usaha dan masyarakat dalam PRB; dan mendapatkan masukan-masukan dalam rencana pembangunan berkelanjutan berbasis PRB.

"Jadi manfaat dari kegiatan PRB adalah meningkatnya koordinasi kemitraan antar pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat dalam pengembangan pembangunan yang berkelanjutan dan berbasis PRB, serta terdapatnya komitmen bersama antar pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat dalam pengembangan pembangunan berbasis PRB," ujarnya.

Dikatakan, Pemprov Sultra sebagai pelaksana kegiatan telah mempersiapkan semua kebutuhan kegiatan yang direncanakan akan berlangsung pada 11-15 Oktober mendatang. Tak hanya itu, dalam peringatan bulan PRB direncanakan sebanyak belasan kegiatan akan berlangsung di beberapa titik di Kota Kendari.

"Kegiatan akan diawali dengan melakukan persiapan Apel Relawan, Simulasi Kebencanaan dan Pameran Kebencanaan terdiri dari Ingnite Stage dan Talkshow, Donor Darah dan Rangking 1 Cerdas Tangkas Tangguh di eks MTQ Kota Kendari,” Ujarnya.

Selanjutnya pelaksanaan Kuliah Umum di Audotorium UHO serta Gala Dinner di Rujab Gubernur. Kemudian akan ada persiapan penanaman pohon, puncak acara PRB di Claro Kendari dan akan ada Pesta Rakyat PRB di lapangan MTQ, sebelum akhirnya dilakukan kunjungan wisata di Pulau Labengki Kabupaten Konawe Utara serta Run For Your Life di eks MTQ.

Baca juga: DPMPTSP Tulungagung mendorong UMKM laporkan perkembangan usahanya
Baca juga: J Trust Bank- aikyo Bank mendorong pelaku go global


Sementara itu Pj.Walikota Kendari mengaku siap mendukung penyelenggaraan bulan PRB di Kota Kendari. Dijelaskan, sebagai tuan rumah pihaknya akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap tamu yang akan berkunjung di Kota Kendari