Capaian IPM Kota Tangerang dinilai konsisten

id IPM Kota Tangerang,ipm,kota tangerang

Capaian IPM Kota Tangerang dinilai konsisten

Ilustrasi - Pesawat saat take off di Kawasan Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. ANTARA/Azmi Samsul Maarif

Tangerang (ANTARA) - Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Tangerang Banten sejak 2018 hingga 2023 mengalami kenaikan persentase secara konsisten.

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang, Deni Koswara di Tangerang Senin mengatakan berdasarkan data termutakhir yang dirilis tersebut, Pemkot Tangerang hampir terus mengalami kenaikan yang konsisten setiap tahunnya.

Pada 2018 realisasi IPM mencapai 77,92 persen, 2019 mencapai 78,43 persen, 2020 mencapai 78,25 persen, 2021 mencapai 78,50 persen 2022 mencapai 78,90 persen, dan pada 2023 mencapai 79,13 persen.

Ia menjelaskan, IPM digunakan untuk melihat realisasi program pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen kualitas hidup seperti kesehatan, pengetahuan, dan kehidupan yang layak.  "Berdasarkan data tersebut, Pemkot Tangerang dinilai berhasil menunjukkan perkembangan yang positif dalam realisasi pembangunannya,” katanya.

Ia melanjutkan, capaian IPM Kota Tangerang juga berada di atas rata-rata capaian IPM dari kabupaten/kota lainnya di Provinsi Banten. Berdasarkan data yang sama dalam beberapa tahun terakhir, Kota Tangerang menempati posisi kedua dengan selisih sedikit di bawah capaian IPM milik Kota Tangerang Selatan.

“Kalau melihat data tersebut juga Pemkot Tangerang berada di atas rata-rata nilai yang diraih oleh kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Banten. Hal ini membuktikan bahwa proses pembangunan sejauh ini telah berjalan dengan sangat baik,” katanya.

Baca juga: Indeks pembangunan manusia Mataram tertinggi di NTB
Baca juga: Wagub NTB ajak para ibu tingkatkan IPM


Selain itu, Pemkot Tangerang kedepannya akan mengevalusasi serta memberikan terobosan terbaru untuk terus meningkatkan Capaian IPM di Kota Tangerang pada tahun-tahun mendatang. 

"Ini dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam bentuk produk pembangunan unggul di Kota Tangerang," katanya.