TPID Palangka Raya meluncurkan gerai bahan pokok guna kendalikan inflasi

id palangka raya,hera nugrahayu,inflasi

TPID Palangka Raya meluncurkan gerai bahan pokok guna kendalikan inflasi

TPID Palangka Raya luncurkan gerai pengendali inflasi di Palangka Raya, Selasa (7/11/2023). (ANTARA/HO-Prokom Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) - Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meluncurkan gerai bahan pokok guna mengendalikan inflasi di daerah setempat.

"Gerai TPID Eka Pandohop ini sebagai upaya pengendalian inflasi dan untuk menstabilkan harga bahan komoditas di Kota Palangka Raya," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Selasa.

Dia menerangkan, Gerai TPID Eka Pandohop ini menyediakan berbagai kebutuhan pokok masyarakat mulai dari beras, minyak goreng, gula, tepung, mie instan serta berbagai kebutuhan rumah tangga lain.

Keberadaan gerai yang berpusat di Pasar Kahayan Jalan Tjilik Riwut kilometer 1,5 Kota Palangka Raya ini sebagian bahan pangan kebutuhan pokok disiapkan Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Harga semua produk yang dijual mengacu pada harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Artinya, gerai ini juga sebagai salah satu layanan pemerintah terhadap masyarakat," kata Hera.

Turut hadir dalam acara peresmian, Gerai TPID Eka Pandohop itu seperti jajaran Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kota Palangka Raya, camat, lurah, Bulog serta tamu undangan lainnya.

Sekretaris Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya Hardiansyah mengatakan, Gerai TPID ini merupakan salah satu inovasi TPID dalam upaya mencegah inflasi dari sektor bahan pangan kebutuhan pokok.

"Ini sebagai langkah antisipasi lonjakan harga, sehingga terjadi keseimbangan harga di pasaran tujuannya agar tidak terjadi 'panic buying' mengingat saat ini tengah menjelang Natal dan Tahun Baru 2024," kata Hadriansyah.

Selain itu, dia menerangkan bahwa pihaknya juga terus melaksanakan pasar penyeimbang pada akhir pekan di Pasar Datah Manuah. Tujuan program ini juga untuk meningkatkan daya beli masyarakat, juga sebagai upaya responsif Pemkot Palangka Raya dalam menjaga ketersediaan pangan.

Baca juga: Tabalong promosikan produk lokal UMKM melalui pasar murah
Baca juga: Sinergitas untuk pengendalian inflasi di NTT


Pasar penyeimbang ini dilaksanakan DPKUKMP Kota Palangka Raya, bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Perum Bulog Kanwil Kalimantan Tengah serta beberapa distributor dan pedagang di kota setempat.