TGB M. Zainul Majdi ajak khatib Jumat sampaikan pesan persaudaraan manusia

id Majelis Hukama Muslimin, Majelis Hukama, hari persaudaraan manusia

TGB M. Zainul Majdi ajak khatib Jumat sampaikan pesan persaudaraan manusia

Anggota Komite Majelis Hukama Muslimin (MHM) TGB M. Zainul Majdi. (ANTARA/HO-Majelis Hukama)

Hari Persaudaraan Manusia Sedunia diperingati setiap awal Februari
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komite Majelis Hukama Muslimin (MHM) TGB M. Zainul Majdi mengajak kepada para khatib pada Shalat Jumat (2/2), untuk menyampaikan pesan persaudaraan manusia dalam khutbahnya, seiring dengan peringatan Hari Persaudaraan Manusia Sedunia pada 4 Februari.

"Hari Persaudaraan Manusia Sedunia diperingati setiap awal Februari. Kami mengimbau para khatib untuk menyampaikan pesan persaudaraan dalam khutbah Jumat pada 2 Februari 2024," ujar TGB M. Zainul Majdi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

TGB mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Bimas Islam Kemenag untuk dapat juga menerbitkan imbauan yang sama kepada Dewan Kemakmuran Masjid, termasuk juga kepada Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI).

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 2020 menetapkan 4 Februari sebagai Hari Persaudaraan Manusia Sedunia. Peringatan ini didasarkan pada penandatanganan Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama.

Dokumen ini ditandatangani oleh Grand Syekh Al Azhar yang juga Ketua Majelis Hukama Muslimin (MHM) Imam Akbar Ahmed Al Tayeb, bersama Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Abu Dhabi, 4 Februari 2019.

Menurut TGB, pesan persaudaraan ini sangat penting di tengah kontestasi pemilihan umum (Pemilu) yang tengah berlangsung. Masa kampanye dalam dua bulan terakhir telah menghangatkan tensi politik di Indonesia. Hal ini harus dimitigasi agar tidak berujung pada segragasi dan perpecahan umat.

"Pesan persaudaraan ini menjadi sangat penting agar semua pihak memahami bahwa perbedaan, termasuk beda pilihan politik, adalah hal wajar yang tidak harus diperuncing hingga mengarah pada perpecahan," kata TGB.

Di samping itu, Direktur MHM kantor Cabang Indonesia Muchlis M. Hanafi mengatakan MHM Indonesia menggelar sejumlah acara dalam rangka peringatan Hari Persaudaraan Manusia Sedunia.

MHM telah menjalin komunikasi dengan pengurus Masjid Istiqlal terkait khutbah Jumat dengan pesan persaudaraan pada pekan ini. Sebelum itu, akan dilakukan kajian yang juga mengangkat tema tentang persaudaraan manusia.

"MHM kantor cabang Indonesia juga menggelar lomba menulis Khutbah Jumat. Alhamdulillah, ini disambut antusias para peserta hingga ada 851 naskah yang di-submit dalam 11 hari masa pendaftaran," kata Muchlis.

MHM kantor Cabang Indonesia juga menggelar peringatan Hari Persaudaraan Manusia Sedunia bersama disabilitas. Acara ini dikemas dalam bentuk dialog, sekaligus menjadi ruang bagi penyandang disabilitas untuk menyampaikan harapan mereka terkait persaudaraan manusia.

"Kami menggandeng Komisi Nasional Disabilitas dan Koneksi Indonesia Inklusif dalam menggelar acara ini. Kami menjadwalkan Staf Khusus Presiden Ayu Kartika untuk berbagi cerita bersama Sahabat Disabilitas tentang Merawat Persaudaraan," ujar Muchlis.