Masyarakat di NTB tak kesulitan mendapat LPG selama Ramadhan hingga Lebaran

id Pertamina,Pulau Lombok,Stok LPG

Masyarakat di NTB tak kesulitan mendapat LPG selama Ramadhan hingga Lebaran

Seorang petugas mengecek stok LPG 3 Kg bersubsidi di salah satu pangkalan resmi di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. (ANTARA/HO-Pertamina)

Mataram (ANTARA) - Masyarakat merasa tak kesulitan mendapatkan isi ulang liquified petroleum gas di tengah tingginya permintaan, bersamaan dengan momentum Idul Fitri 1445H/2024. Di kios-kios pengecer, hingga pangkalan, baik di Pulau Lombok, maupun di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat LPG tersedia dan sangat mencukupi.

Salah satu pelanggan Pangkalan Kyokko, di Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang telah menjaga ketersediaan stok LPG, baik subsidi, maupun non subsidi ditingkat pangkalan. Sehingga tidak menyulitkan bagi masyarakat melakukan penukaran/isi ulang. 

"Dengan tersedianya stok LPG di Wilayah Sekotong, kami dimudahkan mendapatkan LPG menjelang hari raya Idul Fitri," katanya.

Hal senada juga disampaikan salah satu konsumen Pangkalan LPG Sejahtera di Ampenan, Kota Mataram yang juga menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang telah menjaga ketersediaan LPG sehingga ibu-ibu rumah tangga gampang melakukan penukaran tabung.

"Menjelang lebaran, kesibukan di dapur meningkat untuk buat-buat kue dan menu lebaran. Tapi syukurnya, stok LPG tersedia sehingga kita gampang mendapatkannya," ucap ibu rumah tangga ini.

Pun yang diungkapkan salah satu konsumen di Muhajirin, Kelurahan Selong, Kabupaten Lombok Timur juga mengungkapkan, selama bulan Ramadhan dan jelang Idul Fitri, masyarakat tak kesulitan mendapatkan LPG di wilayah Lombok Timur. Sebab, stok LPG dilihat cukup tersedia di kios-kios pengecer. 

Tercukupinya stok LPG di kios-kios pengecer membuat masyarakat konsumen tak perlu khawatir akan kelangkaan selama puasa hingga lebaran tahun ini. Karena itu, konsumen ini juga menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang telah menjaga kelancaran stok LPG hingga ditengah-tengah masyarakat.

Di Pulau Sumbawa, Ibu Siti di Kelurahan Brang Biji, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa juga menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang telah menjaga pasokan LPG 3Kg, sehingga masyarakat mudah mendapatkan selama Ramadhan, hingga Idul Fitri. 

"Terimakasih Pertamina, sudah menjaga pasokan LPG. Sehingga kami mudah mendapatkannya," tutur Siti.

Sebelumnya, pada Senin (8/4/2024), Tim gabungan yang terdiri dari unsur Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH MIgas), Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTB, dan Pertamina menggelar sidak ketersediaan stok LPG di Terminal Pertamina.

Sidak dilakukan oleh Komite BPH Migas ,Saleh Abdurahman dan tim, Pemprov NTB diwakili Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTB, H. Sahdan. Dari Pertamina diantaranya SAM NTB, Agung.  SBM I NTB, Wicaksono.

Secara umum terdapat peningkatan konsumsi baik BBM, LPG, Avtur di Provinsi NTB, namun kondisi stok BBM & LPG di Pertamina dalam kondisi aman dan siap untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik.

Pertamina juga telah melakukan penebalan stok LPG di pangkalan. Tambahan penyaluran fakultatif LPG 3 Kg paling besar di NTB dilakukan di Kota Bima dan Kabupaten Bima mengingat demand yang tinggi yaitu penambahan penyaluran sebesar 65.480 tbg (mencapai 540 persen alokasi harian).