Mayoritas wilayah Indonesia diprakirakan hujan ringan dan sedang

id Bmkg,Cuaca kota besar,Cuaca kota Indonesia

Mayoritas wilayah Indonesia diprakirakan hujan ringan dan sedang

Logo BMKG (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas kota-kota besar di Indonesia diprakirakan akan mengalami hujan dengan intensitas ringan pada Minggu.

Laman web resmi BMKG di Jakarta, Minggu, mencatat sejumlah wilayah seperti Banda Aceh, Denpasar, Gorontalo, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Ternate, Mataram, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari Manado, Padang, dan Medan akan mengalami hujan dengan intensitas ringan.

Sementara wilayah Serang, Yogyakarta, dan Pekanbaru, diprakirakan turun hujan dengan intensitas sedang pada hari ini.

Adapun hujan dengan disertai petir diprakirakan turun di sejumlah wilayah seperti Jambi, Bandung, Pontianak, Bandar Lampung, dan Palembang. Selain itu waspadai juga hujan lebat dengan disertai petir di wilayah seperti, Bengkulu dan Pangkal Pinang.

Selain itu terdapat pula beberapa daerah yang diprakirakan memiliki cuaca berbeda, seperti Jakarta dan Ambon yang diprakirakan berawan, serta Jayapura yang diprakirakan akan cerah berawan.

Sebelumnya, BMKG telah menerbitkan peringatan dini waspada cuaca ekstrem hujan lebat disertai angin kencang yang berpotensi melanda sejumlah daerah di Indonesia dalam sepekan ke depan atau mulai Selasa (16/4) hingga Minggu (21/4).

Kepala Pusat Meteorologi Publik Andri Ramdhani mengatakan dalam sepekan ke depan cuaca ekstrem tersebut dapat terjadi di sebagian besar Sumatera, terutama bagian pesisir barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan.

Baca juga: Info BMKG: Sebagian besar daerah berstatus waspada cuaca ekstrem
Baca juga: Info BMKG ingatkan masyarakat waspadai hujan badai


Cuaca ekstrem itu juga berpotensi melanda wilayah Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, pesisir utara Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, dan sebagian besar Papua.