Izzul-Khudari Siap Hidupkan Kembali Taman Wisata Suranadi

id #pilkada lombok barat 2018,#izzul-khudari,#taman wisata suranadi,#lombok,#NTB

Izzul-Khudari Siap Hidupkan Kembali Taman Wisata Suranadi

Cabup dan Cawabup Lombok Barat HM Izzul Islam dan TGH Khudari Ibrahim (pakaian putih-putih). (foto Ist).

Ini yang kita sayangkan, wisata sejarah yang ada kolam renang alami, dan hotel itu, justru kondisinya mengenaskan. Itu artinya, ada salah pengelolaan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat
Lombok Barat (ANTARA) - Calon Bupati Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat HM Izzul Islam menegaskan siap menghidupkan kembali pengelolaan Taman Wisata Alam Suranadi di Kecamatan Narmada, yang hingga kini mati suri.

"Ini yang kita sayangkan, wisata sejarah yang ada kolam renang alami, dan hotel itu, justru kondisinya mengenaskan. Itu artinya, ada salah pengelolaan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat," ujar Izzul saat melakukan simakrama di Banjar Suranadi, Dusun Suranadi Timur, Desa Suranadi, Kecamatan Narmada, Minggu.

Ia menuturkan sebagai salah satu wisata sejarah yang didalamnya memiliki keunikan tersendiri itu, bila dibandingkan obyek wisata lainnya akan bisa optimal, manakala pengelolaannya diserahkan pada warga setempat. Sebab, menurutnya potensi wisata sejarah yang didalamnya terdapat banyak komunitas umat Hindu harus mampu dilestarikan.

Izzul menilai Taman Wisata Alam Suranadi merupakan bagian dari kekayaan Kabupaten Lombok Barat (Lobar) untuk dapat menghargai aset-aset daerah yang telah berkontribusi bagi kelangsungan hidup masyarakat Lobar selama ini.

"Mengembalikan potensi Taman Suranadi kepada masyarakat asli adalah bagian dari kita memaknai sejarah. Disinilah, saya bersama pak Khudari akan fokus untuk melakukan pembenahannya jika kita terpilih kedepannya," tegas Izzul.

Mantan Wakil Bupati Lobar yang juga anggota DPR RI itu menegaskan, kemanfaatan Taman Suranadi akan bisa optimal, manakala masyarakat sekitar yang paham sejarah itu yang diberikan amanah untuk mengelolanya.

"Kami siap mengembalikan Taman Suranadi Lobar pada ahli warisnya. Mereka layak untuk diberikan porsi lebih dan tinggal tugas kita selaku pemerintah memfasilitasi edukasi dan memberi pendampingan dari sisi manajemen pengelolaannya," kata Izzul.

Sebagai bagian dari komunitas Hindu. Izzul yang lahir dari ibu dari Puri Taman Narmada, Lobar tersebut menambahkan, komitmennya akan siap bekerja sepenuh hati untuk seluruh masyarakat Lobar.

"Saya siap menghibahkan diri dan waktu saya bagi warga Lobar. Ini agar kerukunan dan keharmonisan kita dapat berjalan sinergis di pemerintahan," tandas Izzul Islam.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Lobar TGH Khudari Ibrahim mengaku, jika etos kerja komunitas umat hindu selama ini sangat diatensinya. Pasalnya, tanah yang tandus dan gersang di wilayah Lobar, kini sudah banyak yang hijau.

"Umat hindu itu kalau bekerja dibidang pertanian melebihi umat islam. Kerjanya sangat super, disini sesuai dengan visi kami yang fokus pada bidang agrobisnis pertanian. Jadi, jika kami terpilih, nantinya umat hindu yang kita minta jadi penggerak pertanian di Lobar," kata Khudari Ibrahim. (*)