Sebanyak 16 atlet putri pastikan diri lolos ke semifinal muaythai

id Muaythai,PON Aceh Sumut,PON 2024

Sebanyak 16 atlet putri pastikan diri lolos ke semifinal muaythai

Dua petarung putri berlaga di kategori laga cabang olahraga Muaythai di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh Sumut 2024 di Gedung Bale Meuseuraya Aceh pada Sabtu (7/9/2024).ANTARA/Mario Sofia Nasution

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 16 atlet putri memastikan diri lolos ke babak semifinal cabang olahraga Muaythai Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh Sumut XXI 2024 yang digelar di Bale Meuseuraya Kota Banda Aceh, Sabtu malam.

Sejak Sabtu siang hingga pukul 22.00 WIB sudah 16 laga berjalan dan menghasilkan 16 pemenang yang berhak maju ke babak selanjutnya.

16 atlet tersebut berhasil menumbangkan perlawanan pesaing mereka di babak perempat final di sejumlah kategori mulai dari U23 Kelas 43 Kg Putri, U23 Kelas 45 Kg Putri, kelas Elit 48 Kg Putri dan Elit 51 Kg Putri.

Kemudian ada Elite 54 Kg Putri, Elit 57 Kg Putri dan Elite 60 Kg Putri yang kemungkinan digelar Sabtu malam hingga pukul 24.00 WIB dan dilanjutkan pada Minggu (8/9) pagi.

Di laga perdana pertandingan laga putri, atlet Jawa Timur Alfiyatus Soleha mengalahkan atlet Kalimantan Timur Agnes Hersilime dan memastikan satu tempat di partai semifinal U23 Kelas 43 Kg Putri.

Kemudian ada Deani Noer Putri dari DKI Jakarta yang mengandaskan Emdika dari Kalimantan Barat. Selanjutnya Ega Oktaviani Purba dari Sumut berhasil mengalahkan wakil Aceh Cleo Alima.

Dan tiket semifinal terakhir di U23 Kelas 43 KilogramPutri dikunci Syakira Intan Fadilah dari Jawa Barat setelah mengalahan wakil Sulawesi Selatan Reski Amanda.

Sementara itu di U23 Kelas 45 Kg Putri, empat atlet memastikan diri lolos ke semifinal yakni Aisyah Nur Ramadhani dari Jawa Timur, Sesilia Olivian Bakar dari Sulawesi Utara, Hawa dari Jawa Barat, dan Fatimah Chaterina dari Gorontalo.

Aisyah Nur Ramadhani mengalahkan wakil Nusa Tenggara Barat Nurul Amalia, kemudian Sesilia Olivian Bakar mengalahkan wakil Aceh Silfani Ramadhani, Hawa mengalahkan wakil Kalimantan Timur Dewi Fatmawati dan Fatimah Chaterina mengalahkan wakil Papua Tengah Dinda Meylani.

Selanjutnya di Elit Kelas 48 Kg empat atlet berhasil lolos yakni Sarah Avilia Annisa dari Jawa Barat, Ni Ketut Della Antara dari Bali, atlet Sumatera Utara Sartika Putri Marbun dan Ikke Nurhayati dari Jawa Timur.

Sarah Avilia mengandaskan wakil DKI Jakarta Abrelia Noverbriani, Ni Ketut Della Antara menumbangkan wakil Papua Yael Konstantina, Sartika Putri memulangkan wakil Aceh Irsalina serta Ikke Nurhayati yang harus bersusah payah mengalahkan wakil Banten Isnawati.

Untuk Elite kelas 51 Kg ada empat nama yang akan berlaga di semifinal yaitu Stevannie Rejune dari Jawa Timur, Mia Amalia dari Banten, Nur Afni dari Sulawesi Selatan dan Triani Paskah dari Sumatera Utara.

Triani berhasil mengalahkan wakil Jawa Barat Desy Ratna Chemi, Nur Afni mengalahkan Nur Indah Puspita dari Jawa Tengah, Mia Amalia mengalahkan wakil Aceh Fika Meliyandani dan Stevannie mengandaskan perlawanan atlet Lampung Diska Yolihani.

Pertandingan laga putri masih terus berlangsung dan mempertandingkan sejumlah partau yaitu Elite kelas 54 Kg Putri, Elit 57 Kg Putri dan Elite 60 Kg Putri.

Baca juga: Aceh raih emas di kategori Muay Aerobic Putra
Baca juga: Lifter Dewani sempat didera kecemasan sebelum akhirnya meraih medali emas


"Laga babak perempat final ini akan digelar hari ini semua dan jika tidak selesai akan disambung Minggu pagi," kata Ketua Technical Delegate PB Muaythai Indonesia Opniel Untung di Banda Aceh, Sabtu.

Ia mengatakan setelah itu baru digelar babak semifinal laga akan digelar pada Minggu (8/9) di Bale Meuseuraya Aceh (BMA) yang akan mempertandingkan 36 partai baik laga putra maupun putri.

"Semoga seluruh pertandingan berjalan sesuai jadwal yang ada dan dapat berjalan lancar," kata dia.