Menteri Perindustrian serahkan bansos untuk seribu PKH NTB

id Menteri Perindustrian,Airlangga Hartarto,PKH,Bansos,NTB

Menteri Perindustrian serahkan bansos untuk seribu PKH NTB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat menyerahkan bantuan sosial kepada 1.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Mataram, NTB, Selasa (19/2). (FOTO Nur Imansyah).

Mataram (Antaranews NTB) - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan bantuan sosial kepada 1.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi agar pemanfaatan bantuan PKH dan BPNT digunakan untuk meningkatkan taraf kesehatan dan pendidikan anggota keluarga.

"Negara memerlukan anak-anak yang pintar, cerdas, sehat sehingga kelak Indonesia menjadi bangsa yang semakin maju," ujar Airlangga.

Menurutnya, pemerintah memberikan perhatian serius dalam penanggulangan kemiskinan dan ketimpangan. Hal ini kemudian diwujudkan dengan meningkatkan anggaran bantuan sosial maupun perluasan target sasaran karena PKH yang terintegrasi dengan Program BPNT atau Rastra merupakan salah satu program yang berkorntribusi besar terhadap angka kemiskinan.

Pertengahan Januari 2019, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis bahwa angka kemiskinan di Indonesia kembali turun dari? 9,82 persen menjadi 9,66 persen.

Sementara itu, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat, menyatakan tahun 2019 alokasi anggaran-anggaran PKH ditingkatkan yang semula Rp19,2 triliun pada 2018, menjadi Rp34,4 triliun. pada 2019. BPNT dari semula tahun 2018 mencakup 10 juta KPM, tahun 2019 menjadi 15,6 juta KPM.

Realisasi penyaluran per 30 Januari 2019, untuk PKH mencapai 83,50 persen dan BPNT mencapai 90,88 persen.

Sedangkan, bantuan sosial (Bansos) PKH dan BPNT tahap I tahun 2019 yang disalurkan untuk Provinsi NTB senilai Rp421 milyar lebih. Bansos PKH dan BPNT Tahap I Tahun 2019 untuk Kota Mataram sebanyak Rp24 milyar lebih, terdiri atas bansos PKH Rp22 miliar lebih bagi 17.520 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bansos BPNT Rp2 milyar bagi 21.533 KPM.

Hadir dalam kesempatan itu, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana beberapa anggota DPR RI, Sahabat PKH, Duta PKH NTB.