11 RUMAH RATA DENGAN TANAH DI CIBINONG

id

         Cianjur, 2/9 (ANTARA) - Sedikitnya 11 rumah milik warga di Kampung Babakan Caringin, Desa Cikangkareng, Kecamatan Cibinong, rata dengan tanah akibat gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter menguncang Cianjur.

        Belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada pukul 12.55 WIB, Rabu, tersebut, sedangkan kerugian harta benda masih dalam perhitungan.

        Selain kerusakan rumah, akses masuk dan keluar dari Kalapa Nunggal, Kecamatan Cibinong, saat ini tertutup longsoran tanah tebing yang runtuh ketika gempa terjadi.

        Gempa yang sempat dirasakan warga di seluruh wilayah Cianjur itu, mengakibatkan masyarakat berhamburan keluar rumah.

        Pasalnya mereka takut gempa berlangsung lama dan merobohkan rumah mereka. Selang beberapa detik gempa menguncang, beberapa rumah semi permanen dan permanent milik warga roboh.

        "Ketika gempa terjadi, kami sudah berhamburan keluar rumah. Saat itu beberapa rumah milik tetanga sudah mulai roboh dan sebagai besar genteng rumah hancur," kata Agus Sofandi (32) warga Cikangkareng.

        Ia menambahkan, saat ini warga masih berkumpul di luar rumah dan sebagian besar pria membantu membereskan rumah warga yang roboh.

        Sementara itu, akses jalan yang menghubungkan Kalapa Nunggal, Cibinong dengan kecamatan lainnya, saat ini terputus total.

        Jalan penghubung utama yang dikelilingi tebing itu, tertutup longsoran tanah sepanjang 300 meter. Longsoran terlihat di beberapa titik di sepanjang jalan itu.

        "Sampai saat ini kami belum tahu pasti berapa titik longsoran yang menutupi jalan. Pasalnya jalan utama di kelilingi gunung dan tebing," terang Agus.

        Tertutupnya jalan itu, mengakibatkan kawasan Cikangkareng terisolir. Namun warga saat ini, tengah melakukan upaya pembersihan longsoran tanah secara manual.(*)