Origi pemain pengganti cetak gol di final Liga Champions

id divock origi,final liga champions,liverpool,liga champions

Origi pemain pengganti cetak gol di final Liga Champions

Penyerang Liverpool Divock Origi mencium trofi Liga Champions usai membantu timnya mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 dalam partai final di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Sabtu (1/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Carl Recine)

Jakarta (ANTARA) - Gol penyerang Liverpool Divock Origi ke gawang Tottenham Hotspur di final Liga Champions di Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Minggu dini hari WIB, membuat namanya tercatat dalam daftar para pemain pengganti yang menyumbang gol di laga puncak kompetisi elit tersebut.

Pemain Belgia tersebut masuk menggantikan Roberto Firmino pada menit ke-58. Meski beberapa kali kurang akurat saat mengoper bola, Origi membuktikan bahwa pelatih Liverpool Juergen Klopp tidak keliru memasukkannya dengan mengemas gol kedua The Reds pada menit ke-87.

Gol itu melengkapi eksekusi penalti Mohamed Salah di awal laga yang membuka keunggulan Liverpool dan memastikan Pasukan Merseyside Merah menjadi juara dengan skor akhir 2-0.



Origi masuk dalam catatan sejarah sebagai supersub, yakni pemain yang berdampak langsung usai masuk sebagai pemain pengganti, di partai final Champions.

Berikut daftar supersub final Champions sebelum Origi:

1. Filho Juary (Porto)
Penyerang FC Porto asal Brazil ini masuk sebagai pemain pengganti untuk mencetak gol kemenangan timnya atas Bayern Muenchen pada final 1987.

Porto menjadi pemenang dengan skor akhir 2-1.

2. Patrick Kluivert (Ajax)
Berstatus pemain muda, Kluivert menggantikan seniornya di Ajax, Jari Litmanen, pada menit ke-70 dalam laga final 1995.

Ia kemudian membukukan gol semata wayang ke gawang AC Milan 15 menit kemudian untuk memastikan tim Belanda itu menjadi kampiun.

3. Lars Ricken (Borussia Dortmund)
Gelandang Jerman ini masuk menggantikan Stephane Chapuisat pada menit ke-70.

Hanya berselang semenit, Ricken mencetak gol untuk mengunci kemenangan Dortmund dengan skor 3-1 atas Juventus dalam final 1997.



4. Teddy Sheringham & Ole Gunnar Solskjaer (Manchester United)
Kedua penyerang ini berstatus pemain pengganti pada final 1999, saat United tengah tertinggal akibat gol Mario Basler untuk Bayern Muenchen.

Namun Sheringham dan Solskjaer mencetak gol pada menit-menit akhir untuk menentukan kemenangan dramatis 2-1 atas Muenchen.

5. Juliano Belletti (Barcelona)
Bek kanan Barcelona ini baru masuk lapangan pada menit ke-71 untuk menggantikan Oleguer pada final 2006.

Sembilan menit kemudian ia menjadi pahlawan tim Katalan tersebut berkat golnya yang mengunci kemenangan 2-1 atas Arsenal.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar