Pebalap Bottas juara GP Jepang, Mercedes kunci gelar konstruktor

id valtteri bottas,sebastian vettel,lewis hamilton, formula 1,gp jepang

Pebalap Bottas juara GP Jepang, Mercedes kunci gelar konstruktor

Pebalap Mercedes Valtteri Bottas melakukan selebrasi usai menjuarai Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (13/10/2019) Reuters/Kim Hong-Ji.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Mercedes Valtteri Bottas menjuarai Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu, untuk merebut kemenangan ketiganya dan membawa Mercedes menjadi juara dunia konstruktor musim ini.

Bottas, lewat strategi dua kali pit stop, mampu mengalahkan pebalap Ferrari Sebastian Vettel, yang start dari pole position, dan harus puas finis runner-up, 11,376 detik di belakang sang juara dari Finlandia itu, demikian laman resmi Formula 1.

Lewis Hamilton melengkapi podium di tempat ketiga untuk Mercedes sehingga tim Silver Arrow mengunci gelar juara dunia konstruktor untuk keenam kalinya secara beruntun, memperpanjang dominasi mereka sejak era mesin V6 hybrid turbo diperkenalkan pada 2014.

"Aku sangat senang. Start dari ketiga tidak lah mudah. Aku punya start yang sangat bagus, mampu memimpin dan kecepatanku super bagus, aku bisa mengendalikan balapan ini," kata Bottas usai lomba.

Balapan seri ke-17 itu berlangsung penuh drama setelah sesi kualifikasi sempat ditunda hingga Minggu karena Topan Hagibis melanda Jepang pada hari sebelumnya.

Dua pebalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc mengunci posisi start 1-2 pada pagi harinya.

Namun Vettel melakukan start yang buruk hingga Bottas, yang start dari P3, dari sisi luar mengambil alih pimpinan lomba. Pebalap asal Jerman itu berada di bawah investigasi steward karena dugaan melakukan false start.

Vettel lolos dari penalti dan harus berjuang mempertahankan posisinya di 10 lap terakhir ketika Hamilton, dengan ban soft baru berusaha mengejar jarak lima detik dari sang pebalap bernomor mobil 5 itu. Hamilton kewalahan dengan kecepatan Ferrari di lintasan lurus dan harus puas finis 0,410 detik di belakang sang rival.

"Aku membuat kesalahan, aku kehilangan momentum di sana," kata Vettel soal startnya.

"Mercedes lebih cepat dari kami, siang yang berat untuk mempertahankan peringkat dua ini."

Hamilton, yang mendapat tambahan satu poin sebagai pebalap dengan waktu putaran tercepat hari itu, kini memimpin klasemen dengan unggul 64 poin dari Bottas dengan empat balapan tersisa.

"Selamat untuk tim. Sangat pantas untuk menang dalam enam tahun beruntun. Aku hanya ingin meraih poin terbaik untuk tim hari ini," kata Hamilton.

Charles Leclerc pun menderita kerusakan sayap depan mobilnya di lap pertama setelah mengalami senggolan dengan Max Verstappen.

Verstappen harus mengakhiri lomba lebih awal di lap ke-15 karena mengalami kerusakan parah di bagian sisi kiri lantai mobilnya.

Sedangkan rekan satu timnya, Alexander Albon mengamankan poin bagi Red Bull dan memuaskan Honda sebagai pemasok power unit dengan finis P4 di depan Carlos Sainz dari tim McLaren.

Leclerc harus puas finis P6 setelah berjuang dari belakang karena mengganti sayap depannya. Daniel Ricciardo di peringkat ke-7 untuk Renault, sedangkan Pierre Gasly finis P8 untuk Toro Rosso.

Pebalap Racing Point Sergio Perez finis P9 walau mengalami kecelakaan di lap terakhir. Nico Hulkenberg membawa pulang poin terakhir yang tersedia hari itu di P10 untuk Renault.