ANGELINA JOLIE TEMUI KORBAN GEMPA HAITI

id

New York (ANTARA) - Aktris Hollywood yang menjadi Duta PBB, Angelina Jolie, berkunjung ke Haiti untuk menggalang dukungan moral bagi negara yang pada 12 Januari 2010 diguncang gempa bumi hebat yang menewaskan ratusan ribu orang.

Aktris yang belakangan kerap menjadi santapan media Amerika Serikat karena gosip perpisahannya dengan aktor Brad Pitt itu, tiba di ibukota Haiti, Port-au-Prince, Selasa waktu setempat (9/2).

Menurut keterangan Markas Besar PBB di New York, di negeri ituJolie secara langsung menemui para korban gempa di berbagai lokasi, khususnya Port-au-Prince yang merupakan wilayah paling parah terkena dampak gempa.

Gempa berkekuatan 7 Skala Richter itu memporakporandakan ribuan gedung, termasuk markas besar misi penjaga perdamaian PBB di Haiti (MINUSTAH), dan setidaknya 200.000 orang dinyatakan tewas dalam bencana itu, termasuk Kepala Minustah Hedi Annabi dan lebih dari 90 personil PBB lainnya.

Selain menjenguk para korban, Jolie juga menemui beberapa kalangan lainnya, antara lain para pekerja kemanusiaan dalam negeri dan luar negeri yang membantu upaya pemulihan di Haiti pasca gempa.

Duta PBB urusan pengungsi ini juga mendapatkan masukan dari pejabat tinggi PBB yang berada di lapangan, Edmond Mulet, tentang operasi kemanusiaan yang sedang berjalan beserta tantangan-tantangan yang masih harus dihadapi di Haiti.

Gempa 12 Januari lalu selain menewaskan sekitar 200.000 orang, juga berdampak terhadap dua juta warga lainnya yang saat ini memerlukan bantuan darurat.

"Untuk membangun kembali Haiti, perlu waktu bertahun-tahun," kata Jolie setelah secara langsung melihat kerusakan di depan mata.

"Setiap hari PBB, pemerintah, LSM serta berbagai organisasi lokal dan internasional membantu lebih banyak korban dengan menyediakan makanan, air, tempat berteduh dan layanan kesehatan. Tapi para korban masih memiliki kebutuhan besar," katanya mengingatkan.

Angelina Jolie, yang tahun 1999 memenangi Piala Oscar sebagai pemeran pembantu perempuan terbaik melalu film "Girl, Interrupted" dan tahun 2005 beradu akting dengan Brad Pitt dalam "Mr. & Mrs. Smith", ditunjuk sebagai Duta PBB urusan pengungsi (UNHCR) pada tahun 2001.

Sebagai Duta UNHCR, Jolie telah mengunjungi kamp-kamp pengungsi di berbagai belahan dunia, antara lain Kamboja, Thailand, Pakistan, Namibia dan Tanzania.  (*)