DCF BATU HIJAU-NEWMONT KEMBALI GELAR OPERASI BIBIR SUMBING

id

DCF BATU HIJAU-NEWMONT KEMBALI GELAR OPERASI BIBIR SUMBING

     Mataram, 7/7  (ANTARA) - Doctor Children Fund Batu Hijau bekerjasama dengan PT Newmont Nusa Tenggara, tim dokter ahli bedah plastik Interplast Australia dan Pemkab Sumbawa Barat serta Sumbawa kembali menggelar operasi bibir sumbing gratis untuk masyarakat kurang mampu di Kabupaten Sumbawa Barat dan Sumbawa. 

    

     Manager Senior Hubungan Eksternal PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) Arif Perdanakusumah yang dihubungi dari Mataram, Rabu mengatakan, operasi bibir sumbing gratis tersebut dilaksanakan  mulai Senin (28/6) hingga (9/7) atas kerjasama Doctor Children Fund (DCF) Batu Hijau, PT NNT, PT NNT, Pemkab Sumbawa Barat dan Sumbawa.  

      Ia mengatakan, operasi bibir sumbing ini dilaksanakan setiap tahun secara cuma-cuma termasuk untuk tindakan pengobatannya, peserta operasi adalah warga kurang mampu dari Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat yang telah mendaftar dan membawa surat rujukan dari puskesmas setempat.

     "Untuk tahun 2010 ini  lebih dari seratus orang, delapan orang diantaranya dari KSB yang  mengikuti operasi bibir sumbing di Sumbawa Besar, kegiatan ini adalah wujud kepedulian dan tanggungjawab sosial PT NNT dan para karyawan untuk mendukung program pemerintah di bidang kesehatan,” kata Arif.   

      Sementara itu  Manager Program Public Health and Medical Center Internasional (SOS) Sumbawa  Dr Soebhan menjelaskan, pada hari pertama para pasien akan menjalani pemeriksaan awal dari tim dokter Interplast untuk memastikan apakah penyakitnya bisa ditangani atau tidak.

     Menurut dia, pasien yang dapat ditangani dalam pemeriksaan awal akan dijadwalkan untuk datang kembali dengan mendapat bantuan uang saku sebesar Rp200.000.

    

     "Sementara untuk pasien yang tidak lolos pemeriksaan awal karena sesuatu dan lain hal sehingga penyakitnya tidak bisa ditangani, kami mohon maaf karena tidak mendapatkan bantuan uang saku dan bisa meninggalkan tempat pemeriksaan,” katanya.

     DCF dibentuk pada tahun 1999, dengan anggota adalah karyawan PT NNT, keluarga karyawan dan sub kontraktor, salah satu tujuan pembentukannya  adalah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu agar bisa memperolah pelayanan kesehatan terutama bantuan kesehatan bagi anak-anak.

     Selain program operasi bibir sumbing, DCF juga memberikan bantuan sosial kepada tujuh buah panti asuhan di daerah Sumbawa Besar.

     PTNNT mendukung penuh kegiatan ini dan kegiatan-kegiatan peningkatan kesehatan masyarakat lainnya sesuai dengan nilai yang dianut oleh PTNNT yakni mewujudkan kepemimpinan di bidang tanggung jawab sosial.

     PTNNT mengoperasikan tambang tembaga dan emas Batu Hijau di Sumbawa Barat sejak 2000 dengan memperkerjakan sekitar 4.000 karyawan yang lebih dari 63 persen berasal dari provinsi Nusa Tenggara Barat. PTNNT melaksanakan program pengembangan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi masyarakat dan prasarana. (*)