Masyarakat Tionghoa NTB menyerahkan bantuan APD di Lombok Utara

id Masyarakat Tionghoa,Lombok Utara,COVID-19

Masyarakat Tionghoa NTB menyerahkan bantuan APD di Lombok Utara

Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar (kiri dua), menerima secara simbolis bantuan dari masyarakat Tionghoa NTB, di Lombok Utara. (ANTARA/Awaludin)

Mataram (ANTARA) - Perkumpulan Sosial Bhakti Mulia, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia, dan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (IMTI), Nusa Tenggara Barat, menyerahkan bantuan alat pelindung diri untuk tenaga medis dan masyarakat di Kabupaten Lombok Utara terdampak penyebaran virus corona (COVID-19).

Bantuan diserahkan oleh Wakil Ketua IMTI NTB, S Wijanarko, kepada Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar, di Kabupaten Lombok Utara, Rabu.

"Terima kasih kepada saudara kami warga Tionghoa NTB karena telah membantu kami. Selalu menunjukkan empati kemanusiaan kepada masyarakat Lombok Utara dalam situasi seperti sekarang ini. Sejak gempa du tahun lalu kami sangat merasakan keberadaan kawan-kawan semua yang ikut membantu Lombok Utara dengan berbagai macam program sosial," kata Najmul.

Ia menyebutkan ada tiga warga Kabupaten Lombok Utara yang dinyatakan positif COVID-19 dan puluhan orang lainnya berstatus pasien dalam pengawasan sedang dirawat di rumah sakit.

"Ini menjadi tugas kami, pemerintah kabupaten. Tentu situasi saat ini luar biasa karena kita semua merasakan dampak pandemi Covid-19 ini. Seluruh masyarakat Indonesia pun merasakan hal yang sama," ujar Najmul.

Sementara itu, Wakil Ketua INTI NTB, S Wijanarko menyampaikan keperihatinan yang mendalam kepada masyarakat NTB yang terdampak wabah virus corona.

"Kami punya inisiatif bersama-sama menghimpun dana guna berpartisipasi membagikan sedikit sembako dan APD ke masing-masing wilayah di NTB melalui bupati, wali kota, danrem, dan kapolda untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Selain menyalurkan bantuan lewat pemerintah, kata dia, pihaknya juga turun langsung membagikan APD ke rumah sakit dan masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan bantuan. Paket sembako yang diberikan berupa beras, minyak goreng, mie instan dan 50 set APD. 

"Harapan kami semoga dengan bingkisan yang sedikit ini bisa meringankan beban masyarakat Kabupaten Lombok Utara," ucap Widjanarko.