NEWMONT BAGIKAN 5.000 BINGKISAN LEBARAN

id

      Mataram, 31/8 (ANTARA) - PT Newmont Nusa Tenggara menyerahkan 5.000 bingkisan Lebaran untuk masyarakat kurang mampu di lingkar tambang di Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa Besar dan Lombok, selain itu Yayasan Muslim Batu Hijau juga membagikan 300 paket Lebaran.  

     

     "Bantuan bingkisan lebaran ini kami sampaikan dengan harapan dapat bermanfaat dan menambah kebahagiaan masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini,” kata Manajer Senior Hubungan Eksternal PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) Arif Perdanakusumah.

     Penyerahan bingkisan lebaran ini rutin dilakukan PT NNT sebagai rangkaian dari berbagai kegiatan Ramadhan 1431 H seperti, pengumpulan zakat fitrah dan zakat maal dari karyawan PTNNT maupun kontraktor, acara berbuka puasa bersama unsur pemerintah, tokoh masyarakat, media, pemuda, dan LSM, serta ceramah Ramadhan.      "Untuk zakat fitrah dan maal, kami bekerjasama dengan YMBH dan Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam pengumpulan dan penyalurannya,” kata Arif.

     Bingkisan lebaran yang dibagikan ke  masyarakat lingkar tambang itu berisi  barang kebutuhan sehari-sehari berupa beras, minyak goreng, gula pasir, kopi, teh, sirop dan biskuit.

     Sedangkan untuk   masyarakat di Taliwang, Sumbawa Besar dan Lombok berupa beras, gula pasir dan minyak goreng. 

    

     "Pengadaan barang-barang tersebut dilakukan oleh beberapa pemasok lokal yang tergabung dalam daftar pemasok program Inisiatif Bisnis Lokal (LBI) PT NNT, sedangkan penyalurannya dilakukan bekerjasama dengan pemerintah desa dan kecamatan terutama dalam menentukan masyarakat penerima bantuan,“ katanya. 

     Saham PT NNT saat ini dimiliki oleh Nusa Tenggara Mining Corporation sebesar 56 persen, PT Pukuafu Indah (20 persen) dan PT Multi Daerah Bersaing (24 persen).      PTNNT mengoperasikan tambang tembaga emas Batu Hijau di Sumbawa Barat sejak 2000. Pada 2009 PTNNT membayar pajak dan royalti kepada pemerintah senilai Rp3,9 triliun. (*)