PLN latih pemuda dan perempuan sekitar PLTMG Lombok Peaker

id PLN UIP Nusra,PLTMG Lombok Peaker,Pelatihan Sablon

PLN latih pemuda dan perempuan sekitar PLTMG Lombok Peaker

Para pemuda dari Kelurahan Tanjung Karang, Kota Mataram, NTB, memperlihatkan kaos sablon hasil pelatihan yang diberikan oleh PLN UIP Nusra. (Foto PLN)

Mataram (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) mengadakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam bentuk pelatihan sablon untuk pemuda dan pelatihan pengolahan hasil laut bagi ibu-ibu rumah tangga di sekitar site pembangunan PLTMG Lombok Peaker, Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Rabu (9/9).

Sebanyak 25 orang peserta pelatihan yang merupakan ibu-ibu rumah tangga dan istri-istri nelayan di sekitar Kelurahan Tanjung Karang, dituntut kreatifitasnya membuat hasil olahan ikan laut, dalam bentuk abon ikan, nugget, tekwan, dan pempek.

Tidak hanya sampai disana, para peserta pelatihan juga dilatih dan diedukasi tentang tata cara pengemasan produk serta pemasaran produk ke masyarakat luas. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari sejak 8-9 September 2020, dengan melibatkan instruktur yang didatangkan langsung dari Indonesia Chef Association (ICA).
Para pemuda dari Kelurahan Tanjung Karang, Kota Mataram, NTB, mempraktikkan cara menyablon kaos ketika mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh PLN UIP Nusra. (Foto PLN)
Pada kesempatan yang sama, para pemuda Kelurahan Tanjung karang sebanyak 10 orang juga mendapatkan pelatihan sablon. Pelatihan sablon tersebut dilakukan langsung oleh anggota dari Komunitas Orang Indonesia, dan dilaksanakan sejak 8 September 2020.

Para peserta pelatihan sablon diedukasi mengenai pengenalan alat dan bahan, teknik dasar, dan praktik langsung dengan desain yang disiapkan sendiri oleh para peserta. Pada ujung pelatihan tersebut, para peserta berkesempatan menerima bantuan peralatan sablon sebagai wujud keseriusan pengembangan potensi pemuda yang ada di Mataram.

Manager Pertanahan dan Komunikasi UIP Nusra, Bondan Gustaman, mengatakan kegiatan pelatihan tersebut merupakan wujud kepedulian PLN terhadap masyarakat di sekitar site pembangunan PLTMG Lombok Peaker.

"Tidak hanya membangun pembangkit tenaga listrik yang nantinya mampu menerangi pulau Lombok, dan menyuplai kebutuhan pengembangan pariwisata di Lombok, kami juga berusaha mengembangkan potensi insani masyarakat sekitar, dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan bantuan peralatan untuk meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat sekitar tentunya," katanya.

"Kedepan kami berharap, melalui kegiatan tersebut, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, dan dapat mencetak wirausahawan-wirausahawan baru, dan para peserta pelatihan saat ini menjadi lebih produktif dan tentunya dapat menguatkan perekonomian keluarga dan lingkungannya. Kegiatan-kegiatan seperti itu akan tetap dilaksanakan oleh PLN," ucap Bondan.