Anggota DPR menyalurkan air bersih ke warga terdampak kekeringan

id Anggota DPR RI,HBK,H Bambang Kristiono,Lombok,Kekeringan

Anggota DPR menyalurkan air bersih ke warga terdampak kekeringan

Tim anggota DPR RI H Bambang Kristiono (HBK) Peduli saat menyalurkan air bersih bagi warga terdampak kekeringan di Dusun Tibu Lilin, Desa Jembatan Kembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB. (ANTARA/Tim HKB Peduli).

Mataram (ANTARA) - Anggota DPR RI, H Bambang Kristiono (HBK) menyalurkan bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Ini sebagai wujud kepedulian kami para kader Partai Gerindra kepada masyarakat Pulau Lombok yang mulai mengalami musibah kekeringan di beberapa wilayah. Ini juga merupakan wujud nyata kepedulian dan pengabdian Partai Gerindra kepada masyarakat Lombok harus terus dilakukan," kata HBK di Mataram, Jumat.

Titik pertama yang didatangi Tim HBK Peduli adalah di wilayah Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di Dusun Tibu Lilin, Desa Jembatan Kembar, Kecamatan Lembar. Dusun ini berada di daerah perbukitan, sumur warga yang biasanya memenuhi kebutuhan sehari-hari saat ini tengah mengalami kekeringan.

"Dengan pengiriman air bersih ini, semoga masyarakat Desa Tebu Lilin dapat kembali mendapatkan akses air bersih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-harinya," tambah Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini.

Untuk kegiatan berikutnya, Tim HBK Peduli sedang mengumpulkan data-data, menginventarisasi daerah prioritas dan mempersiapkan kendaraan untuk mendistribusikan air bersih.

"Tim HBK Peduli sedang mengumpulkan data yang real tentang kebutuhan masyarakat akan air bersih ini, dan nantinya kegiatan ini in syaa Allah akan menyasar seluruh wilayah di Lombok. Saat ini data yang sudah dikumpulkan oleh Tim HBK PEDULI masing-masing 67 titik yang akan disasar di Kabupaten Lombok Timur, kemudian di Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Utara dan Lombok Barat masih dalam pendataan," kata HBK yang juga Ketua Badan Pengawas dan Disiplin (BPD) Partai Gerindra tersebut.

Menurutnya, pembagian air nantinya akan dibagi berdasarkan luasan daerah yang terdampak, sehingga diharapkan dapat menjangkau seluruh keluarga yang ada di daerah tersebut.

Sahid, salah seorang warga Dusun Tibu Lilin mengaku sangat bersyukur dengan adanya pengiriman air bersih tersebut.

"Alhamdulillah ada kiriman air bersih dari Pak HBK, jadi kita bisa dapet air buat kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Sementara Kepala Dusun Tibu Lilin, Nurhasan mengatakan bahwa kekeringan telah berlangsung lebih dari 1 bulan lamanya. Hal ini menyebabkan warga sering kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

"Sampai sekarang itu sudah lebih dari 3 bulan lamanya hujan tidak turun. Jadi sampai sekarang ini ya kita kekeringan, susah sekali untuk dapat air," katanya.

Biasanya warga sampai membeli air untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya, harganya pun bervariasi tergantung kebutuhannya.

Selain untuk kebutuhan air bersih untuk Masjid, Sekolah, dan Mushola di wilayah ini juga akhirnya kekurangan akibat kekeringan.

Oleh Tim HBK Peduli, bantuan air tersebut kemudian dialokasikan di beberapa bagian untuk seperti untuk mengisi tandon air di Masjid, Sekolah, Musola dan beberapa tandon umum milik masyarakat.

Ketua Tim HBK Peduli Kabupaten Lombok Barat, Lahmuddin Blank mengatakan, selain membagikan air bersih, Tim juga tetap menyalurkan bantuan makanan siap saji (MSJ) untuk warga.

"Tadi kami membawa 200 paket makanan siap saji yang langsung dibagikan kepada warga yang antre air bersih," katanya.

Selanjutnya Lahmudin Blank menyampaikan bahwa kegiatan penyaluran air bersih ini akan terus diperlebar ke wilayah-wilayah lainnya di Kabupaten Lombok Barat.

"Kegiatan pembagian air bersih ini juga nantinya akan kami lakukan di wilayah-wilayah lain yang mengalami krisis air seperti di wilayah Sekotong, Kuripan, Gerung, dan beberapa dusun lain yang susah sekali mendapatkan akses air bersih," katanya.