Tingkatkan fungsi kehumasan TNI-POLRI di NTB, Bid Humas Polda NTB gelar pelatihan

id Peningkatan fungsi kehumasan

Tingkatkan fungsi kehumasan TNI-POLRI di NTB, Bid Humas Polda NTB gelar pelatihan

Tingkatkan fungsi kehumasan TNI-POLRI di NTB,Bid Humas Polda NTB gelar pelatihan.

Mataram (ANTARA) - Bidhumas (Bidang hubungan masyarakat) Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB), menggelar acara pelatihan peningkatan kemampuan fungsi kehumasan di Hotel Sudamala, Senggigi, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB, Selasa (30/3).

Peserta yang mengikuti acara tersebut sebanyak 25 orang terdiri dari 1 peserta humas Polda NTB, 10 peserta dari Polresta jajaran Polda NTB yang ada di Pulau Lombok dan 10 peserta lainnya berasal dari humas polres jajaran Polda NTB di Pulau Sumbawa dan 4 orang dari Penrem (Penerangan Korem) 162/WB.

Pemateri dalam kegiatan kali ini berasal dari Kepala Biro LKBN Antara NTB, Bapak Riza Fahriza dengan membawakan materi tentang "public speaking", sedangkan pemateri kedua berasal  dari penanggung jawab halaman Lombok Post Online,  Bapak Zul Hakim yang membawakan materi terkait konten kretif.

Serta dari akademisi Universitas Mataram (Unram)  Siti Hodizah SIP MA yang membawakan materi terkait optimalisasi media online.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto S.I.K M.Si mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan pembuatan konten kreatif anggota Humas Polda NTB bersama jajarannya.

"Humas harus kreatif, karena humas selalu bersentuhan langsung dengan masyatakat, baik melalui pemberitaan ataupun bertemu langsung dengan warga," jelas Artanto seusai menggelar acara.

Artanto  juga mengatakan karena humas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat tentunya harus menguasai berbagai materi seperti public speaking, menulis berita dengan baik, membuat konten yang disenangi masyarakat dan harus mengetahui cara mengoptimalisasikan media online baik media internal polisi atau media eksternal kepolisian.

Setelah materi selesai kegiatan dilanjutkan dengan praktik public speaking dan memvisualkan hasil pelatihan tersebut untuk mengecek sejauh mana daya serap para peserta terhadap materi yang diberikan oleh tutor.

Secara keseluruhan dari awal hingga akhir kegiatan tersebut berjalan lancar, Selanjutnya kegiatan ditutup oleh Kabid Humas Polda NTB. Pada pukul 17.20 WITA.

Dengan menambahkan beberapa materi yang menjadi pendukung dari tiga materi tersebut, yakni teknik foto jurnalis dan teknik pengambilan angel.

"Humas harus tahu cara pengambilan foto yang menarik dan pengambilan angel dalam penentuan foto dan tulisan," pungkasnya.

 
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar