Louis van Gaal sebutkan alasan terima tawaran jadi pelatih timnas Belanda

id Louis van Gaal,Timnas Belanda

Louis van Gaal sebutkan alasan terima tawaran jadi pelatih timnas Belanda

Louis van Gaal berbicara ketika perkenalan dirinya sebagai pelatih baru tim nasional Belanda di Zeist, Belanda, 17 Agustus 2021. (ANTARA/AFP/ROBIN VAN LONKHUIJSEN)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih senior Louis van Gaal mengungkapkan alasan dirinya menerima tawaran untuk melatih tim nasional Belanda pada beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Sky Sports, Rabu, van Gaal mengungkapkan dirinya menerima tawaran ini karena ingin membantu sepak bola Belanda dan timnasnya.

"Saya tidak melakukan ini untuk diri saya tapi saya melakukan ini untuk membantu sepak bola Belanda. Saya selalu melakukan apa pun untuk membantu sepak bola Belanda.

"Saya sangat berterima kasih kepada mereka, status yang saya miliki sebagai pelatih adalah berkat mereka," ungkap van Gaal ketika perkenalan dirinya sebagai pelatih baru dari tim nasional Belanda.
Selanjutnya van Gaal mengungkapkan jika ia adalah asosiasi sepak bola Belanda, maka dia akan menunjuk dirinya sendiri sebagai pelatih karena saat ini pengalaman adalah hal yang paling penting.

Hal ini juga senada dengan yang dijelaskan oleh asosiasi sepak bola Belanda yang membeberkan alasan menunjuk van Gaal adalah pengalaman.

"Saya pikir jika saya adalah asosiasi sepak bola Belanda, saya juga akan mendatangi saya. Karena siapa lagi yang bisa melakukan itu?," ujar van Gaal.

"Ini mungkin terdengar sedikit melodramatis, tapi saya pikir pengalaman adalah yang paling penting sekarang karena kami tidak memiliki banyak waktu," lanjutnya.

Saat ini van Gaal akan diberi target membawa tim nasional Belanda lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Saat ini Belanda berada di Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dan berada di peringkat dua di bawah Turki dan berusaha tidak mengulangi kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia.

Sebelumnya van Gaal tercatat pernah menangani timnas Belanda pada 2000-2001 dan 2012-2014 namun gagal membawa Der Oranje lolos ke Piala Dunia 2002 Korea-Jepang.

Pencapaian tertinggi van Gaal bersama tim nasional Belanda adalah ketika berhasil meraih peringkat ketiga di Piala Dunia 2014 Brazil.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021