TNI menyediakan sasana tinju dan judo dukung kemajuan olahraga NTB

id sasana tinju,judo,sasana merah putih,yonif 742/swy,danrem 162/wb,koni ntb,dispora mataram

TNI menyediakan sasana tinju dan judo dukung kemajuan olahraga NTB

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani (kiri) mencoba adu tangkas olahraga tinju di Sasana Merah Putih yang terletak di Markas Yonif 742/SWY, Mataram, NTB, Rabu (22/12/2021). ANTARA/HO-Penrem 162/WB

Mataram (ANTARA) - Komando Resor Militer (Korem) 162/Wira Bhakti yang menjadi satuan teritorial Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat di wilayah Nusa Tenggara Barat mendukung kemajuan olahraga di daerah tersebut dengan menyediakan sasana tinju dan judo.

Komandan Resor Militer (Danrem) 162/WB Brigadir Jenderal TNI Ahmad Rizal Ramdhani di Mataram, Rabu, berharap dengan adanya sasana olahraga seni bela diri itu dapat memacu semangat putra putri NTB untuk mengukir sejarah prestasi hingga kancah dunia.

"Sasana ini kami bangun tujuannya hanya satu, kami bercita-cita dan berkeinginan agar putra putri NTB ada yang menjadi juara dunia, baik sebagai atlet tinju maupun atlet judo," kata Rizal.

Sasana olahraga yang dibangun di Markas Batalyon Infanteri (Yonif) 742/Satya Wira Yudha, Kota Mataram, itu diberi nama "Merah Putih". Rizal berharap nama tersebut menjadi semangat perjuangan dan bentuk bakti para atlet kepada bangsa dan negara.

"Semoga sasana tinju dan judo Merah Putih ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh putra putri bangsa Indonesia, khususnya di NTB," ujar Rizal.

Dalam kesempatan tersebut, lulusan Akademi Militer 1993 itu memohon pamit untuk melaksanakan tugas dalam jabatan barunya sebagai Asisten Deputi Koordinator Bidang Pengelolaan Pemilihan Umum dan Penguatan Partai Politik Kemenko Polhukam RI.

"Jadi, sasana ini sebagai 'legacy' (warisan) kami sebelum kami pindah, dan kami mohon pamit untuk pindah tugas ke Kementerian Polhukam di Jakarta," ucap Rizal. 

Sementara itu, Ketua KONI NTB Andy Hadianto yang turut hadir dalam peresmian Sasana Merah Putih di Markas Yonif 742/SWY menyampaikan apresiasi kepada Danrem 162/WB perihal inovasi di bidang olahraga itu.

Penamaan Sasana Merah Putih juga dinilai tepat dan sejalan dengan Mars Patriot Olahraga, di mana cita-cita seluruh atlet maupun bangsa ini adalah kejayaan sang Merah Putih.

"Dalam Mars Patriot Olahraga itu jelas demi jayanya sang Merah Putih, bukan untuk golongan atau individu tertentu, tapi untuk Merah Putih. Saya pikir ini cita-cita mulia dari pak Danrem, dan saya yakin suatu saat ada petinju NTB yang akan mendunia," tutur Andy.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Mataram Suhartono Toemiran mengungkapkan sasana tinju ini nantinya akan berada di bawah naungan Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Kota Mataram.

Sebagai perwakilan dari pihak pemerintah, ia juga memastikan pihaknya mendukung penuh tujuan dan cita-cita dari pembangunan sasana Merah Putih di Markas Yonif 742/SWY.

"Karena ini nanti di bawah naungan Pertina Kota Mataram, maka kami dari Dispora Mataram akan terus mem-'backup' apa yang menjadi tujuan dan cita-cita didikannya sasana Merah Putih," ungkap Suhartono.