Polres Lombok Tengah siap amankan Tour de France L'Etape Indonesia

id Balap sepeda

Polres Lombok Tengah siap amankan Tour de France L'Etape Indonesia

Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, bahwa pihaknya telah siap melakukan pengamanan dalam rangka mendukung even Tour de France L’Etape Indonesia yang dipusatkan di daerah setempat.

"Polri telah siap mengamankan balap sepeda Internasional tersebut," kata Kapolres Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono di Praya, Senin. 

Ia mengatakan, selain personel Polres Lombok Tengah, pengamanan kegiatan yang akan digelar tanggal 20 Februari itu juga melibatkan personel dari Polda NTB dan TNI. Sehingga kegiatan tersebut diharapkan berjalan aman dan lancar. 

"Personel yang diturunkan itu sekitar 1000 personel," katanya. 

Semua anggota nantinya akan ditempatkan di beberapa titik di sepanjang jalur atau rute yang akan dilewati oleh para peserta, sehingga arus lalulintas bisa berjalan aman dan lancar tanpa mengganggu kegiatan lomba tersebut.

"Intinya anggota akan ditempatkan di semua titik yang menjadi rute dari Lombok tersebut," katanya. 

Sebelumnya, Pemerintah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mulai melakukan perbaikan ruas jalan yang dijadikan rute Tour de France L’Etape Indonesia yang akan digelar tanggal 20 Februari 2022 mendatang. 

"Jalur lomba balap sepeda itu sedang kita persiapkan bersama Pemerintah Provinsi NTB," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Rahadian.

Ruas jalan yang saat ini sedang dipersiapkan yakni  jalur Mujur Peras Kecamatan Praya Timur yang merupakan kewenangan pemerintah daerah. Sedangkan untuk ruas jalan provinsi yang di Kecamatan Praya Barat sampai di Kuta menjadi kewenangan Provinsi. 

"Semua ruas jalan yang akan dilewati itu sedang dilakukan perbaikan di beberapa titik yang rusak," katanya. 

Semua ruas jalan yang dijadikan rute ajang Tour de France L’Etape Indonesia tersebut ditargetkan tuntas pertengahan bulan Februari atau sebelum lomba dimulai. 

"Semoga perbaikan jalan cepat selesai sesuai rencana," katanya.