Layanan vaksin dosis ketiga ASN Mataram lampaui target

id booster,rsud,mataram

Layanan vaksin dosis ketiga ASN Mataram lampaui target

Direktur Utama (Dirut) RSUD Kota Mataram dr Hj Ni Ketut Eka Nuryahati. ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Direktur Utama (Dirut) RSUD Kota Mataram dr Hj Ni Ketut Eka Nuryahati menyebutkan, layanan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Sekretariat Pemerintah Kota Mataram, melampaui target yang ditetapkan dengan jumlah cakupan sasaran 500 orang.

"Selama dua hari (Rabu-Kamis, 2-3/2) kami membuka layanan vaksin dosis ketiga atau booster di aula pendopo wali kota, kita bisa menyasar 500 ASN. Padahal, sehari ditargetkan 100-150 orang," katanya di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Ia menilai, terlampauinya target cakupan vaksinasi dosis ketiga di kalangan ASN tersebut, menunjukkan tingginya kesadaran ASN untuk mendapatkan vaksin dosis ketiga sebagai upaya meningkatkan antibodi.

"Itu sesuai harapan Pak Wali (Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana-red), agar ASN bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya," katanya.

Dikatakan, vaksin booster dimaksudkan untuk proteksi terutama dari varian baru COVID-19 Omicron, yang disinyalir memiliki tingkat penyebaran yang lebih tinggi dibanding varian Delta.

"Karena itu penting bagi kita untuk melindungi diri dengan vaksin penguat," katanya.

Di sisi lain, menurut Eka, cakupan 500 ASN yang melakukan vaksinasi dosis ketiga itu tergolong tinggi, sebab untuk melakukan vaksin dosis ketiga harus berjarak enam bulan dari dosis kedua.

"Jadi mungkin saja ada ASN yang mau booster tapi tidak memenuhi syarat karena belum enam bulan divaksin dosis kedua, atau bisa saja mereka sudah booster di fasilitas kesehatan (faskes) lainnya," katanya.

Eka mengatakan, dua hari layanan vaksin dosis ketiga di Pendopo Wali Kota Mataram tersebut merupakan rangkaian kegiatan kick off vaksinasi COVID-19 penguat atau booster.

"Untuk memasifkan layanan, ke depan kami juga siapkan layanan di kantor pemerintah lainnya untuk mendekatkan layanan bagi ASN dan pegawai lainnya," katanya.

Selain itu, RSUD Kota Mataram juga telah menyiapkan jadwal untuk membuka layanan pada sejumlah fasilitas publik, sebagai upaya peningkatan serta mendekatkan layanan.

"Tahap pertama kami akan membuka layanan booster di Taman Loang Baloq. Waktunya masih kami jadwal ulang lagi, sebab jadwal hari Minggu (6/2) kita tunda karena persiapan peresmian Rumah Duka pada hari Senin (7/2)," katanya.