PLN apel siaga memastikan kesiapan listrik untuk MXGP Samota di Sumbawa

id PT PLN,MXGP Samota,Kabupaten Sumbawa

PLN apel siaga memastikan kesiapan listrik untuk MXGP Samota di Sumbawa

Dua orang petugas PLN melakukan pengecekan di sistem kelistrikan yang dibangun untuk mendukung suksesnya Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) di Sirkuit Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) menggelar apel siaga personel, Kamis, untuk memastikan kesiapan listrik guna mendukung suksesnya Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) di Sirkuit Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada 24-26 Juni 2022.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo, di Mataram, Kamis, menjelaskan infrastruktur ketenagalistrikan telah siap untuk menyuplai kebutuhan MXGP Indonesia Samota di Kabupaten Sumbawa.

"Semua persiapan, baik pembangunan jaringan maupun pemasangan komponen, berjalan sesuai rencana. PLN berkomitmen untuk memberikan yang terbaik agar gelaran MXGP dapat berjalan dengan sukses," katanya.

Ia menyebutkan tiga lokasi yang akan disuplai listriknya dari PLN adalah paddock, pitlane dan juga skybox.

Untuk melistriki ketiga lokasi tersebut, PLN membangun jaringan tegangan menengah masing-masing sepanjang 0,5 kilometer, 1 kilometer jaringan tegangan rendah dan beberapa peralatan untuk melayani pelanggan dari tegangan 20 kilo Volt (kV)

Dari sisi pasokan daya, lanjut Sudjarwo, beban puncak Sistem Kelistrikan Sumbawa saat ini telah mencapai 117,1 Mega Watt (MW) dengan daya mampu sebesar 144,35 MW. Masih terdapat cadangan daya sebesar 27,25 MW.

Untuk sistem pendukung apabila terjadi gangguan di sisi pembangkit, PLN juga menyiapkan enam unit uninterruptible power supply (UPS) berkapasitas total 760 kVA, delapan unit gardu bergerak (UGB) kapasitas total 1700 kVA dan lima buah genset kapasitas 1600 kVA yang didatangkan dari Taliwang dan Mataram.

"Suplai daya sangat cukup. Kami juga sudah memprediksi lonjakan beban pada saat event berlangsung, karena seluruh aktivitas masyarakat di area Samota pasti akan meningkat," ujarnya.

Dari kesiapan personel, kata dia, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 327 personel yang saat ini telah siap di Sumbawa, dan akan siaga di 10 lokasi tersebar.

Selain mempersiapkan infrastruktur kelistrikan untuk suplai daya sebesar 1.38 MVA, PLN juga melistriki hotel dan penginapan yang akan mendukung suksesnya perhelatan akbar internasional tersebut.

Pemeriksaan instalasi untuk beberapa hotel juga telah dilakukan oleh PLN. Dua unit Stasiun Pengisian Listrik Umum juga sudah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di perkmahan (camping ground).

"Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat agar event MXGP dapat berjalan dengan aman dan sukses. PLN mampu memberikan pelayanan yang optimal untuk NTB," kata Sudjarwo.