Itjen Kemenkumham sebut warga binaan lapas harus punya keahlian usaha

id itjen kemenkumham,lapas mataram,bekal warga binaan,keahlian warga binaan

Itjen Kemenkumham sebut warga binaan lapas harus punya keahlian usaha

Sekretaris Itjen Kemenkumham RI R. Natanegara Kartika Purnama (kedua kanan) didampingi Kepala Lapas Kelas IIA Mataram Ketut Akbar Herry Achjar (kanan) dan anggotanya melihat aktivitas kerajinan tangan warga binaan di Lapas Mataram, Kuripan, Lombok Barat, NTB, Kamis (20/10/2022). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Sekretaris Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI R. Natanegara Kartika Purnama meminta setiap warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas) maupun rumah tahanan (rutan) harus punya keahlian dalam membangun usaha.

"Tujuannya agar warga binaan punya modal ketika keluar dari rumah pengayoman ini (lapas/rutan)," kata Natanegara dalam kunjungan kerja ke Lapas Kelas IIA Mataram di Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, Kamis.

Namun, dari hasil kunjungan di Lapas Mataram, Natanegara bersama rombongan melihat situasi dan kondisi di dalam sudah cukup baik. "Meskipun, kondisi serba terbatas, saya lihat kondisi di Lapas Mataram sudah cukup baik, semua berjalan baik," ujarnya.

Termasuk perihal pembinaan dari kerajinan tangan yang diajarkan ke warga binaan. Menurut dia, hal tersebut sudah berjalan dengan baik. "Jadi, apa yang sudah berjalan ini harus tetap dipertahankan agar terus memberikan manfaat bagi warga binaan," ucap dia.

Dia pun mengingatkan seluruh pegawai Lapas Mataram untuk tetap menjunjung tinggi integritas. Semua pegawai harus bisa menjaga tata tertib dan aturan di lingkungan lapas. Untuk menjaga itu semua, kata dia, tentu pegawai harus menerapkan sikap dan etika yang baik dalam bertugas maupun melakukan pendekatan dengan pembinaan yang terarah.

Baca juga: OJK NTB menyasar 260 sekolah selama Bulan Inklusi Keuangan
Baca juga: BPBD NTB targetkan 434 desa dan kelurahan jadi tangguh bencana


Kepala Lapas Kelas IIA Mataram Ketut Akbar Herry Achjar memastikan seluruh pegawai yang berada di bawah kendali dirinya akan menindaklanjuti arahan Sekretaris Itjen Kemenkumham. "Semua yang menjadi arahan Pak Sekretaris Itjen Kemenkumham akan kami jalankan di lapas," kata Akbar.