OJK NTB menyasar 260 sekolah selama Bulan Inklusi Keuangan

id OJK NTB,Bulan Inklusi Keuangan,Program Literasi

OJK NTB menyasar 260 sekolah selama Bulan Inklusi Keuangan

Kepala OJK NTB, Rico Rinaldy. (ANTARA/Awaludin)

Mataram (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nusa Tenggara Barat menyasar sebanyak 260 SMA/SMK negeri selama Bulan Inklusi Keuangan (BIK) pada Oktober 2022 sebagai salah satu upaya percepatan perluasan akses atau inklusi keuangan masyarakat, khususnya di kalangan pelajar.

Kepala OJK NTB, Rico Rinaldy, di Mataram, Kamis, mengatakan OJK bersama dengan kementerian/lembaga beserta lembaga jasa keuangan menggelar BIK pada Oktober 2022 dengan tema "Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat".

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan serta mendorong akselerasi penambahan jumlah rekening tabungan, khususnya di kalangan pelajar," katanya.

Menurut dia, melalui kemudahan akses keuangan, masyarakat memiliki kesempatan untuk memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan secara lebih optimal dalam merencanakan keuangannya seperti untuk menabung, mendukung kegiatan usaha, berinvestasi dan melakukan proteksi aset atau jiwanya.

Oleh sebab itu, kata Rico, BIK sebagai agenda nasional yang dilakukan secara berkesinambungan pada Oktober setiap tahunnya.

"Melalui kegiatan itu, diharapkan dapat meningkatkan akses keuangan bagi masyarakat NTB. Perluasan akses keuangan di masyarakat akan membantu memperkuat perekonomian di wilayah NTB," ujarnya.

Ia menyebutkan rangkaian kegiatan BIK 2022 yang sudah terlaksana sejak awal Oktober 2022, yakni penjualan produk/layanan jasa keuangan berinsentif, fasilitasi pemberian kredit/pembiayaan bagi masyarakat serta pelaku usaha kecil dan mikro antara lain melalui kegiatan pertemuan bisnis.

Selain itu, pameran produk dana atau layanan jasa keuangan, pembukaan rekening, polis dan produk keuangan lainnya, edukasi keuangan ke sekolah dan kampus.

"OJK bersama mitra juga melakukan kampanye dan publikasi program literasi, inklusi keuangan serta perlindungan konsumen secara masif," ucap Rico

Adapun beberapa rangkaian kegiatan BIK di NTB, sebelum menuju puncak, yaitu sosialisasi program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) investasi pelajar SMA/SMK, edufin on kocation Universitas Mataram 2022, edukasi kepada anggota UMKM Desbumi Imigrant Care NTB.

Sebagai puncak kegiatan BIK di NTB, akan diselenggarakan pameran industri jasa keuangan, yaitu Pasar Keuangan Rakyat (PKR) pada 28-30 Oktober 2022 di lapangan Pahlawan, Kabupaten Sumbawa. Target peserta yang diedukasi sebanyak 3.000 orang.