Sekda NTB meminta arsitektur lokal ada di setiap destinasi wisata

id NTB,Kearifan Lokal

Sekda NTB meminta arsitektur lokal ada di setiap destinasi wisata

Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Gita Ariadi. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat, Lalu Gita Ariadi meminta kearifan lokal dalam arsitektur sudah saatnya mewarnai berbagai lokasi destinasi pariwisata yang ada di wilayah itu.

"Ini bertujuan agar nilai kearifan lokal daerah tersebut dapat dinikmati oleh para wisatawan yang hadir, baik itu di resort, bandara dan berbagai bangunan lainnya," kata Sekda saat menjadi pembicara terkait identitas lokal dalam peningkatan citra kawasan yang berkelanjutan di Mataram, Jumat.

Ia menilai kearifan lokal dalam hal arsitektur yang mencirikan bahwa wisatawan sedang berada di NTB, seperti Lombok maupun Sumbawa, menjadi sesuatu hal yang penting bagi para wisatawan.

Karena itu, Gita memberikan apresiasi terhadap sebuah daerah yang menonjolkan kearifan lokal setempat sehingga memberikan warna bagi arsitektur dalam peningkatan citra kawasan berkelanjutan.

Ia menambahkan setiap dimensi ruang dan waktu membawa kesan dan pesannya tersendiri, dimensi waktu yang terdahulu, kini dan akan datang, ke depan tentu akan membawa nuansa yang berbeda-beda.

"Misalnya secara fisik pada rumah, pada jaman dahulu rumah sebagai tempat berkumpulnya keluarga inti dan keluarga besar, namun di zaman kekinian rumah sebagai tempat istirahat karena banyaknya aktivitas di luar," ucap Gita.

Untuk itu, Sekda berharap dari kegiatan tersebut dapat memberikan rekomendasi bagi Pemerintah Provinsi NTB tentang bentuk-bentuk arsitektur lokal yang bisa bagi generasi-generasi muda NTB.

"Kami akan mengawalnya, sehingga apa hasil temu ilmiah ini nampak nyata ada di daerah," katanya.