Lombok Tengah: PAD dari WSBK Mandalika 2022 sekitar Rp4 miliar belum diterima

id WSBK,2022,Lombok Tengah

Lombok Tengah: PAD dari WSBK Mandalika 2022 sekitar Rp4 miliar belum diterima

Para penonton WSBK Mandalika 2022 saat menyaksikan festival musik Nusantara di Sirkuit Mandalika, Minggu (13/11/2022) (ANTARA/Akhyar)

WSBK 2021 kita dapat Rp 2,5 miliar dan MotoGP 2022 Rp12 miliar
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Pengelolaan dan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, belum terima Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak hiburan pada ajang Wolrd Superbike (WSBK) yang digelar di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, 11-13 November 2022.

"PAD dari ajang WSBK Mandalika 2022 belum diterima, kita tunggu, balapan baru saja selesai," kata Kepala Bappenda Lombok Tengah, Jalaludin di Praya, Kamis.

Target pendapatan asli daerah dari pajak hiburan pada ajang Wolrd Superbike di Pertamina Mandalikan Internasional Street Circuit 2022 tersebut Rp4 miliar. "Itu kalkulasi dari jumlah target penonton atau tiket yang dijual yakni 45 ribu tiket," katanya.

Target PAD pada pajak hiburan di ajang WSBK ini memang jauh lebih menurun bila dibandingkan dengan target PAD pajak hiburan Motor GP yakni Rp12 miliar dengan jumlah penonton 60 ribu. Pada ajang WSBK ini harga tiket jauh lebih murah bila dibandingkan dengan tiket MotoGP dan saat ini ada potongan harga 50 persen.

"WSBK 2021 kita dapat Rp 2,5 miliar dan MotoGP 2022 Rp12 miliar," katanya.

Sebelumnya, penonton pada ajang World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika tembus 51.000, tetapi lalu lintas di jalan raya lancar tanpa macet setelah diberlakukan rekayasa lalu lintas oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda NTB. "Alhamdulillah, meski penonton WSBK pada hari terakhir ini, membeludak hingga 51.000 lebih, namun lalu lintas tetap lancar," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo.

Baca juga: Tingkat hunian kamar saat WSBK Mandalika 2022 tidak penuh
Baca juga: Kapolda NTB puji kolaborasi pengamanan ajang WSBK 2022


Ajang WSBK itu berjalan lancar berkat kerjasama semua pihak, dan kesadaran masyarakat NTB saat berlalu lintas. Perencanaan yang baik dari awal dengan mempersiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi kemacetan, mulai dari survey lapangan, melakukan koordinasi dengan semua pihak. "Membuat desain pengelompokan penonton sesuai warna tiket, untuk diarahkan menuju tempat jalur parkir saat menonton WSBK di Sirkuit Mandalika," katanya.