DINKES NTB GELAR LOMBA RUMAH SEHAT SEDERHANA

id

     Mataram, 6/11 (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar lomba rumah sehat sederhana sebagai rangkaian dari peringatan ke-32 Hari Pangan Sedunia (HPS)yang digelar 6-8 November 2012 di Kabupaten Dompu.

     "Tim survei sedang melakukan pemeriksaan terhadap beberapa rumah di Kabupaten Dompu, yang masuk kategori rumah sehat sederhana. Nanti pengumumannya pada puncak peringatan HPS yang digelar pada 7 November 2012," kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan (Dinkes) NTB Made Suadnya, di Mataram, Selasa.

     Ia mengatakan, kriteria penilaian dalam lomba tersebut adalah kondisi fisik rumah, pemanfaatan pekarangan dan memiliki kamar mandi, cuci dan kakus (MCK) serta memiliki saluran limbah meskipun sederhana.

     Lomba rumah sehat sederhana itu bertujuan untuk memotivasi masyararakat agar memperhatikan kesehatan lingkungan sehingga tidak mudah terserang penyakit, terutama pada saat pergantian musim kemarau ke musim hujan.

     Berbagai penyakit yang sering muncul pada musim hujan, seperti diare, ispa, demam berdarah. Penyakit tersebut terjadi karena kualitas air yang tidak layak konsumsi dan lingkungan yang tidak sehat, serta kondisi rumah yang tidak layak.

     "Rumah yang tidak layak huni bisa menjadi penyebab penyakit ispa. Apalagi di tambah dengan kondisi sumber air bersih yang tercemar ketika musim hujan," ujarnya.

     Dalam menggelar lomba rumah sehat sederhana, kata Suadnya, pihaknya sebelumnya berkoordinasi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi NTB dalam hal pemberian hadiah bagi pemenang lomba berupa bedah rumah.

     Namun karena alokasi anggaran untuk program bedah rumah sudah ditentukan dan tidak bisa diubah, maka kerja sama tersebut tidak bisa diwujudkan.

     "Tapi kami tetap menyediakan hadiah berupa uang tunai senilai Rp1,5 juta untuk juara I, sedangkan juara II  dan III, masing-masing senilai Rp1,2 juta dan Rp1 juta. Nanti bisa juga hadiah tersebut diberikan dalam bentuk material," ujarnya.

     Selain lomba rumah sehat sederhana, kegiatan HPS ke-32 yang dipusatkan di Kabupaten Dompu, juga dimeriahkan dengan berbagai lomba, bazar dan pameran.

     Kegiatan lomba yang digelar seperti, lomba memasak dan cipta menu serba jagung, lomba mewarnai gambar aneka pangan oleh murid TK/SD, loba cipta kudapan berbahan baku nonberas, cerdas cermat pangan lokal, lomba fotografi bertemakan Program Pijar.

     Pijar merupakan singkatan dari sapi jagung dan rumput laut. Ketiga komoditas itu merupakan program unggulan pasangan Gubernur H M Zainul Majdi dan Wakil Gubernur NTB H Badrul Munir.

(*)