IPHI Kota Mataram berikan bimbingan haji gratis

id haji,iphi

IPHI Kota Mataram berikan bimbingan haji gratis

Bimbingan Haji Gratis (ist)

Para calon haji juga diberikan bantuan perlengkapan untuk melaksanakan ibadah haji, seperti alas kaki, seragam (baju dan bawahan) serta topi/jilbab untuk semua jamaah yang mengikuti bimbingan tersebut
Mataram,(Antara) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram memberikan bimbingan haji secara cuma-cuma kepada 442 orang calon haji yang akan menunaikan ibadah haji pada 2013.

Wali Kota Mataram Ahyar Abduh pada acara Penutupan Bimbingan Manasik Haji di Mataram, Rabu, mengatakan bimbingan manasik haji dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, baik secara teori maupun praktek, sekaligus memupuk kekompakaan para calon haji.

Penutupan bimbingan haji tersebut dihadiri semua calon haji asal Kota Mataram sebanyak 442 orang dari enam kecamatan, pimpinan DPRD, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Mataram, pengurus IPHI, camat lurah se kota Mataram.

Bimbingan haji gratis di mulai 22 Mei hingga 25 Juni 2013. selain bimbingan haji secara cuma-cuma, para calon haji Kota Mataram juga mendapatkan pelayanan untuk imunisasi meningitis dan influenza secara gratis.

"Para calon haji juga diberikan bantuan perlengkapan untuk melaksanakan ibadah haji, seperti alas kaki, seragam (baju dan bawahan) serta topi/jilbab untuk semua jamaah yang mengikuti bimbingan tersebut," kata Ahyar

Piala IPHI Award yang diraih DPD IPHI Kota Mataram dari IPHI pusat karena dalam pelayanan dan penanganan jamaah haji dilakukan secara maksimal dan calon haji Kota Mataram menjadi contoh bagi calon haji lainya.

"Saya mengharapkan para caloh haji juga memiliki niat yang tulus, ikhlas dan tetap sabar dalam menjalankan rangkaian ibadah haji," katanya.

Ia mengatakan, para calon haji didaharapkan senantiasa dalam keadaan sehat walafiat sebelum berangkat serta setelah sampai di tanah suci Mekkah dan selamat hingga kembali ke tanah air dan semoga menjadi haji yang mambur," ujarnya.

Ketua Harian DPD IPHI Kota Mataram Husnan Ahmadi mengatakan bimbingan manasik haji gratis terhadap 442 calon haji itu dilaksanakan di empat masjid, yakni masjid Baitusalam Polda NTB, Nurul Aqla Karang Pule, Al Amin Karang Baru dan masjid Nurul Mutaqin Cakranegara.

Dalam pelaksanaan bimbingan, para calon haji mendapatkan pencerahan soal ibadah haji dari 18 penceramah serta 12 pendamping termasuk pengurus IPHI Kota Mataram.

"Bimbingan manasik haji diberikan dua kali seminggu setiap hari Rabu dan Sabtu dalam 13 kali pertemuan, meliputi bimbingan teori dan praktek di asmana haji jalan Lingkar Selatan Kota Mataram," kata Husnan

Semua proses bimbingan manasik ditanggung sepenuhnya oleh Pemkot Mataram bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Daerah IPHI Kota Mataram.