KPP Pratama-Pemkot Mataram bersinergi meningkatkan kesadaran wajib pajak

id KPP Pratama,Mataram Barat,Pemkot Mataram

KPP Pratama-Pemkot Mataram bersinergi meningkatkan kesadaran wajib pajak

Kepala KPP Pratama Mataram Barat Devi Sonya Adrince (kiri), menyerahkan cenderamata kepada Wali Kota Mataram H Mohan Roslikana, di Kota Mataram, NTB. (ANTARA/HO-KPP Mabar)

Mataram (ANTARA) - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Barat bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, Nusa Tenggara Barat untuk terus meningkatkan kesadaran wajib pajak.

Kepala KPP Pratama Mataram Barat Devi Sonya Adrince di Mataram, Selasa, mengatakan sinergi dengan Pemerintah Kota Mataram dalam bentuk kegiatan edukasi perpajakan bagi bendaharawan pemerintah, pemanfaatan sarana iklan layanan pemerintah maupun kegiatan lainnya.

"Melalui edukasi tersebut diharapkan kegiatan pemerintah daerah melalui belanja pemerintah yang bersumber dari APBD atau APBN termasuk menjadi salah satu sumber pemasukan pajak terbesar di Kota Mataram," katanya.

Menurut dia, program pemulihan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah berdampak pada pemulihan ekonomi yang lebih cepat di masyarakat terutama di Kota Mataram.

Hal itu salah satunya ditunjukkan dengan kontribusi terbesar penerimaan pajak bagi KPP Pratama Mataram Barat pada 2022 yang berasal dari sektor perdagangan, jasa keuangan, administrasi pemerintahan.

Devi menyebutkan realisasi penerimaan pajak di wilayah kerjanya pada 2022 sebesar Rp1.149 miliar atau mencapai 128 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp1.467 miliar.

"Sektor penerimaan paling besar adalah administrasi pemerintahan dan jaminan sosial wajib sebesar Rp599,37 miliar. Disusul sektor perdagangan besar dan eceran Rp284,42 miliar serta jasa keuangan dan asuransi sebesar Rp199 miliar," ucap Devi.

Sementara itu, Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengatakan jalinan sinergi dan kolaborasi yang sudah terjaga dengan KPP Pratama Mataram Barat selama ini terus dipelihara dan ditingkatkan.

Pemerintah Kota Mataram juga senantiasa memberikan dukungan bagi KPP Pratama Mataram Barat dalam melaksanakan tugas pengumpulan penerimaan negara.

"Kami juga turut mengajak semua wajib pajak di Kota Mataram agar segera melakukan pemuktahiran nomor induk kependudukan (NIK) ke nomor pokok wajib pajak (NPWP) dan segera lapor pajak sesuai dengan tag line pajak 'lapor lebih awal lebih nyaman'," kata Devi.