Gol tunggal Karamoah membawa Torino taklukkan Udinese 1-0

id torino,udinese

Gol tunggal Karamoah membawa Torino taklukkan Udinese 1-0

Logo Liga Serie A Italia. ANTARA/REUTERS/FLAVIO LO SCALZO/FILE PHOTO

Jakarta (ANTARA) - Gol tunggal Yann Karamoah pada menit ke-48 sudah cukup untuk membawa Torino menaklukkan tamunya Udinese dengan skor 1-0, pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Olimpico di Torino, Turin, Minggu.

Bermodal kemenangan tersebut, Torino berhak menggeser Udinese untuk menduduki posisi ketujuh di klasemen sementara dengan 30 poin. Sedangkan Udinese kini menghuni posisi yang sebelumnya diisi Torino yakni posisi kedelapan dengan 29 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Torino yang lebih banyak mendominasi penguasaan bola mengancam terlebih dahulu melalui sepakan jarak jauh Mergim Vojvoda yang dapat diantisipasi kiper Marco Silvestri. Udinese balas menekan namun Perr Schuurs mampu memotong umpan tarik Beto kepada Isaac Success.

.Sebelum turun minum, Torino masih memiliki peluang. Tandukan Alessandro Buongiorno melambung ke atas mistar gawang Udinese, sedangkan Karamoh berada dalam posisi offside saat sepakannya memaksa kiper Silvestri menepis bola.

Pada awal babak kedua, Karamoh menyambar umpan silang Ola Aina dari sisi kanan untuk membobol gawang Udinese. Awalnya ia dinyatakan telah berada dalam posisi offside, namun teknologi semi otomatis memperlihatkan bahwa dirinya berada selevel dengan bek Udinese dan gol itu pun disahkan.

Setelah kemasukan, Udinese lebih berani untuk tampil menyerang. Sepakan Walace dari jarak jauh dapat ditahan kiper Vanja Milinkovic-Savic, dan bola tendangan bebas yang disundul Rodrigo Becao melambung ke atas gawang Torino.

Beberapa peluang didapatkan kedua tim, namun sampai peluit panjang ditiup tidak tercipta gol tambahan. Torino pun sukses mengamankan kemenangan ke-18nya di liga musim ini.

Pada pertandingan yang dimainkan selanjutnya, Bologna meneruskan tren bagusnya dengan mengukir kemenangan kedua beruntun di liga setelah memukul tuan rumah Fiorentina dengan skor 2-1.

Hasil itu juga menandai kemenangan perdana Bologna di Stadion Artemio Franchi, Florence, dalam rentang waktu 13 tahun di ajang Liga Italia.

Tambahan tiga poin membawa Bologna naik ke posisi kesembilan di klasemen sementara dengan koleksi 29 poin, sedangkan Fiorentina yang gagal menang untuk keempat kalinya secara beruntun harus tertahan di posisi ke-12 dengan 24 poin.

Rossoblu membuka keunggulan pada menit ke-14, setelah wasit menilai Antonin Barak melakukan pelanggaran terhadap Joshua Zirkzee di kotak terlarang. Tugas sebagai eksekutor dilakukan dengan sempurna oleh Riccardo Orsolini.

Pada menit ke-19, Fiorentina mampu menyamakan kedudukan. Diawali usaha kiper Bologna Lukasz Skorupski yang gagal menepis sepakan Sofyan Amrabat dengan sempurna, bola kemudian jatuh ke penguasaan Riccardo Saponara untuk dengan mudah dilesakkan ke gawang yang kosong.

Bologna baru mampu mengamankan kemenangan saat Stefan Posch merestorasi keunggulan berkat golnya pada menit ke-47. Bola tendangan sudut kiriman Orsolini ditanduk Posch, untuk mengejutkan kiper Pietro Terraciano dan melesak masuk ke gawang tuan rumah.