Listrik andal, Pekan Olahraga Provinsi NTB XI 2023 sukses digelar

id PLN NTB,Porprov NTB,Pasokan Listrik

Listrik andal, Pekan Olahraga Provinsi NTB XI 2023 sukses digelar

Dua orang petugas PLN memeriksa kondisi jaringan listrik di GOR 17 Desember Kota Mataram, NTB. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Nusa Tenggara Barat XI tahun 2023 telah selesai dihelat oleh Pemerintah Provinsi NTB pada 16-26 Februari 2023. Ajang empat tahunan yang memperlombakan 35 cabang olahraga tersebut sukses digelar dengan suplai kelistrikan yang andal. 

Kesigapan PLN dalam menghadirkan pasokan listrik yang andal ini diapresiasi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB, Tri Budiprayitno. Menurut dia, kerja keras petugas PLN dalam menyukseskan Porprov NTB XI yang digelar paralel di 34 venue di Pulau Lombok ini sangat luar biasa. 

"Alhamdulillah. Terima kasih banyak kami haturkan kepada jajaran PLN NTB yang telah sangat mendukung ketersediaan pasokan listrik di berbagai venue cabor selama lebih sepekan perhelatan Porprov XI NTB ini. Kerja kerja tim PLN di lapangan sungguh solid, sehingga seluruh perlombaan dan pertandingan yang digelar di setiap venue dapat dilaksanakan dengan baik, termasuk saat upacara pembukaan Porprov yang dilakukan malam hari yang membutuhkan suplai listrik cukup besar," katanya.

Ia juga menyatakan bahwa kerja sama PLN dengan panitia penyelenggara, khususnya bidang pertandingan juga demikian padu. Budi berharap dukungan total seperti ini juga berlanjut pada perhelatan berbagai event olahraga lainnya ke depan, termasuk saat NTB menjadi tuan rumah pada saat PON XXII tahun 2028.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo menjelaskan bahwa hal yang terpenting dan menjadi prioritas bagi PLN dalam pelaksanaan Porprov XI NTB tahun 2023 ini adalah keandalan pasokan listrik, baik ke lokasi pertandingan maupun lokasi strategis lainnya. 

"Porprov NTB tahun 2023 ini adalah acara kita bersama. Hal yang paling penting dalam pelaksanaan Porprov tentunya adalah keandalan pasokan listrik. Tidak hanya padam, kedip pun kita hindari. Keandalan adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi," ujarnya. 

Ia juga mengatakan PLN telah mempersiapkan hal teknis lainnya seperti pada saat acara pembukaan, pelaksanaan lomba, hingga acara penutupan digelar. Mulai dari kesiapan daya mampu pembangkit  yang cukup, jaringan distribusi yang andal dan penyiapan back-up pasokan listrik.

Di sisi personel, Sudjarwo juga memastikan personel yang bertugas selalu siaga dan cepat tanggap dan dalam kondisi optimal. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi yang baik dengan penanggungjawab di beberapa  lokasi acara selama Porprov XI NTB 2023 berlangsung. 

Baca juga: PLN terapkan sistem suplai berlapis saat kunjungan Presiden ke IKN
Baca juga: PLN Bima memulihkan pasokan listrik ke semua daerah terdampak banjir


"Alhamdulillah pelaksanaan Porprov NTB XI tahun 2023 semua berjalan dengan lancar dan sistem kelistrikan terjaga keandalannya. PLN siap melistriki seluruh event yang akan digelar di NTB, tidak hanya event nasional saja tapi juga internasional," ucapnya. 

Pekan olah raga bergengsi yang diikuti oleh 4.653 orang yang terdiri atas 3.612 atlet dan 1.041 official tersebut dilaksanakan tersebar di Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah.  Keluar sebagai juara umum yakni, Kota Mataram, disusul dengan Kabupaten Dompu sebagai juara II dan Kabupaten Lombok Timur sebagai juara III.