Karangasem Bali mengalirkan air Telaga Waja ke daerah tandus

id SPAM Telaga Waja,pasokan air karangasem,penyediaan air bersih

Karangasem Bali mengalirkan air Telaga Waja ke daerah tandus

Bupati Karangasem I Gede Dana meninjau SPAM Telaga Waja yang akan mengalirkan air ke wilayah Kecamatan Abang dan Kubu di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Selasa (7/3/2023). (ANTARA/HO-Pemkab Karangasem)

Karangasem (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karangasem di Provinsi Bali berupaya mengalirkan air Sungai Telaga Waja ke daerah-daerah yang tandus seperti Kecamatan Abang dan Kubu. "Saya ingin segera memenuhi janji mengalirkan air Telaga Waja hingga ke Kecamatan Abang dan secara bertahap ke wilayah tandus lainnya," kata Bupati Karangasem I Gede Dana di Karangasem, Selasa.

Saat meninjau Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Telaga Waja dia menyampaikan bahwa aliran air dari Telaga Waja bisa menjadi solusi bagi warga di desa-desa tandus di bagian utara wilayah Karangasem yang membutuhkan pasokan air.

Bupati Karangasem telah mengecek kondisi air di reservoir SPAM Telaga Waja.  "Airnya bagus, jernih. Tadi saya coba meminum langsung dan cuci muka," katanya. "Selaku pemerintah daerah, kami ingin agar masyarakat Kecamatan Kubu dan Abang secepatnya dapat menikmati layanan air bersih dari SPAM Telaga Waja ini," ia menambahkan.

Baca juga: Mataram bangun kampung wisata budi daya ikan air tawar
Baca juga: Tarik ulur galon isi ulang, antara isu kesehatan


Air dari Telaga Waja sudah dialirkan ke lima wilayah kecamatan di Karangasem. Desa Tianyar Barat, Tianyar Tengah, dan Tianyar Timur di Kecamatan Kubu juga sudah dilalui jaringan pipa air Telaga Waja pada tahun 2022. Pemerintah Kabupaten Karangasem menargetkan air dari SPAM Telaga Waja bisa mengalir ke seluruh wilayah Kecamatan Kubu pada tahun 2023.