Kebakaran Pasar Arjosari Pacitan taksir kerugian Rp400 juta

id Kebakaran pasar Pacitan, pasar Arjosari terbakar,Kebakaran Pasar Arjosari Pacitan ,Pacitan

Kebakaran Pasar Arjosari Pacitan taksir kerugian Rp400 juta

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat melihat langsung kondisi Pasar Arjosari yang terbakar. (ANTARA/HO - foto warga)

Pacitan, Jatim (ANTARA) - Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji memastikan pihaknya segera melakukan inventarisasi kerugian dampak kebakaran Pasar Arjosari yang menyebabkan sedikitnya 14 kios ludes dilalap si jago merah dengan kerugian sementara ditaksir Rp400 juta. "Saat ini kami mulai melakukan pendataan," kata Bupati setelah meninjau pasar Arjosari yang hangus terbakar di Arjosari, Pacitan, Senin.

Hasil inventarisasi sementara, kerugian ditaksir mencapai Rp400 juta lebih. Nilai itu belum dihitung dampak nonmateriil terkait mandeknya aktivitas transaksi di pasar yang sementara ditutup total untuk kepentingan penyidikan.

"Yang pertama-tama, tentu kami sangat prihatin atas kejadian ini. Pedagang tidak hanya kehilangan tempat berjualan serta barang dagangannya, tapi juga aktivitas ekonomi (di pasar) menjadi terganggu," bupati muda yang akrab di sapa Mas Aji ini.

Untuk penanganan sementara, lanjut dia, Disdag naker (dina perdagangan dan tenaga kerja) akan melakukan koordinasi dengan paguyuban pedagang pasar. "Apakah masih punya stok dan lain sebagaimana. Jika dagangannya habis yang dijual apa. Ya ditunggu dulu saja hasilnya seperti apa," kata Aji.

Pasar Arjosari merupakan pasar utama di Kecamatan Arjosari. Lokasinya yang strategis di jalan raya Pacitan - Ponorogo dan berada di jalur urat nadi ekonomi bagi masyarakat Kecamatan Nawangan, Tegalombo dan sekitarnya membuat pasar ini kerap menjadi jujugan warga dan pedagang daerah pedalaman untuk belanja.

Baca juga: Kebakaran hutan di Kalbar kerahkan pesawat lakukan TMC
Baca juga: Polresta Mataram menyelidiki penyebab kebakaran gudang perabotan dapur


Kebakaran yang melanda pasar ini pada Minggu (28/5) sore menjelang petang pun sontak membuat warga gempar. Tak sedikit warga yang datang menonton saat kebakaran terjadi. Sementara pedagang yang tak sempat menyelamatkan barang dagangannya hanya bisa meratapi nasib yang mereka alami. Sebanyak 14 kios yang hangus terbakar itu merupakan toko yang menjual bahan Sembako.