Sebanyak 4.999 jamaah haji NTB sudah terbang ke Arab

id Jemaah Haji NTB Sudah Berangkat ke Arab Saudi ,Haji NTB,4.999 jamaah haji NTB sudah diberangkatkan,NTB sudah diberangkat,Sebanyak 4.999 jamaah haji NT

Sebanyak 4.999 jamaah haji NTB sudah terbang ke Arab

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) NTB Zamroni Aziz. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 4.999 orang jamaah haji dari 13 kloter Embarkasi Lombok, Nusa Tenggara Barat sudah diberangkatkan ke Tanah Suci, Arab Saudi. "Alhamdulillah seluruh kloter sudah diberangkatkan," kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) NTB Zamroni Aziz di Mataram, Kamis.

Ia mengatakan, kloter terakhir atau kloter 13 sebanyak 290 orang menjadi kloter pemungkas yang diberangkatkan ke Arab Saudi pada Kamis (22/6). Kloter 13 ini terdiri dari 111 jamaah asal Lombok Timur, Lombok Tengah 112 orang, Lombok Barat sebanyak 16 orang, Kota Mataram 14 orang, Lombok Utara 6 orang, Kabupaten Sumbawa 1 jamaah, Sumbawa Barat 8 orang, Dompu sebanyak 2 orang, Bima 10 orang, dan Kota Bima 5 jamaah.

Zamroni menyebutkan dari 4.999 jamaah itu, sebanyak 4.936 orang merupakan jemaah reguler dan 63 orang Petugas Haji Daerah (PHD). Sedangkan sebanyak 1.678 orang termasuk kategori Lanjut Usia (Lansia) di atas 65 tahun.

Sementara itu, sampai dengan saat ini tercatat sudah ada tiga orang jemaah haji asal NTB yang meninggal di Mekkah. Pertama, Munaah Sahini (61) asal Karang Asem Perigi Kabupaten Lombok Timur. Jemaah yang bersangkutan meninggal dunia di pemondokan pada 19 Juni 2023.

Kedua, jamaah atas nama Sahrun Derun Sedang (65) asal Jago Lombok Tengah. Yang bersangkutan meninggal di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) pada 20 Juni 2023. Kemudian terakhir, Nurhasanah Sahnun (43) kloter 11 asal Desa Batu Putih Lombok Barat.

Baca juga: Ratusan CJH Bengkulu rentan kesehatan
Baca juga: Kemenag bersama Pemkot Manado membantu biaya lokal calon haji


Zamroni meminta kepada masyarakat NTB untuk mendoakan seluruh jemaah haji yang berangkat tahun ini. "Kami berharap kepada seluruh masyarakat untuk mendoakan seluruh jemaah haji asal NTB agar diberikan kesehatan, keafiatan, saat melaksanakan ibadah haji sampai sepulangnya nanti dari tanah suci, mendapatkan haji yang mabrur," katanya.