Sebanyak 1.098 calon haji di Lombok Tengah lunasi Bipih 2024

id Lombok Tengah ,Calon jamaah haji ,Kemenag Kabupaten Lombok Tengah ,NTB,bipih 2024

Sebanyak 1.098 calon haji di Lombok Tengah lunasi Bipih 2024

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB, Syamsul Hadi (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Calon haji yang telah melunasi Bipih hingga saat ini sebanyak 1.098 orang, baik calon jamaah reguler maupun cadangan serta gabungan

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat sebanyak 1.098 calon haji telah melakukan pelunasan Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 2024.

"Calon haji yang telah melunasi Bipih hingga saat ini sebanyak 1.098 orang, baik calon jamaah reguler maupun cadangan serta gabungan," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah Syamsul Hadi di Praya, Jumat.

Ia mengatakan kuota haji untuk Lombok Tengah pada 2024, sebanyak 1.013 orang. Namun, calon jamaah haji yang telah melunasi telah melebihi dari kuota awal yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

"Berapa yang berangkat tahun ini tergantung dari keputusan pusat. Calon jamaah yang telah melunasi Bipih itu telah melebihi dari kuota," katanya.

Baca juga: Kemenag buka pelayanan pelunasan Bipih tahap dua di Lombok Tengah

Ia mengatakan dari 966 calon jamaah haji reguler masih ada yang belum melunasi sebanyak 21 orang. Sedangkan dari 296 calon jamaah haji cadangan yang telah melunasi sebanyak 194 orang.

"Artinya, calon jamaah haji cadangan yang telah melaksanakan pelunasan berpeluang untuk bisa diberangkatkan. Tergantung keputusan pusat," katanya.

Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi yang bersumber dari Biaya Perjalanan Ibadah Haji, besaran biaya haji untuk embarkasi Lombok Rp58.630.888.000.

Baca juga: 94 persen calon jamaah haji Lombok Tengah lunasi Bipih 2024

Dari ribuan calon jamaah haji yang mendapatkan kuota keberangkatan haji 2024, saat ini ada empat orang calon haji yang mengundurkan diri, karena berbagai faktor, salah satunya karena tidak ada uang untuk melunasi.
 

"Mereka diganti dengan calon haji cadangan yang porsi teratas. Total calon haji cadangan untuk Lombok Tengah sebanyak 296 orang. Waktu pelunasan Bipih telah selesai hari ini,” katanya.

Sementara itu, untuk pembuatan paspor calon jamaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci pada tahun ini sudah mencapai 95 persen. "Sisanya masih dalam proses, termasuk untuk pembuatan visa," katanya.

Baca juga: Kemenag Lombok Tengah membuka pelayanan pelunasan Bipih 2024