LPA Mataram siap dukung donasi 100.000 buku

id LPA

LPA Mataram siap dukung donasi 100.000 buku

Sejumlah siswa SD peserta lomba minat dan budaya baca, membaca buku disela perlombaan tersebut, di Perpustakaan Kota Medan, Sumatera Utara. (1)

"Buku-buku itu natinya akan kami sebar ke perpustakaan, desa/kelurahan, dusun/lingkungan yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB)"
Mataram,  (Antara)- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, siap mendukung rencana kongres buku nasional untuk mendonasikan 100.000 buku dengan mengajak masyarakat berpartisipasi meyumbangkan buku-buku koleksi mereka.

"Buku-buku itu natinya akan kami sebar ke perpustakaan, desa/kelurahan, dusun/lingkungan yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB)," kata Pembina LPA Kota Mataram Nyayu Ernawati di Mataram, Selasa.

Penyerahan buku-buku dari sumbangan masyarakat di Kota Mataram dan NTB secara umum itu akan disalurkan pada tanggal 28 Oktober 2015 yang merupakan Hari Sumpah Pemuda.

Pucak peringatan hari Sumpah Pemuda itu akan dilaksanakan dengan upacara bendera di lapangan Gelanggang Olahraga (GOR) Turide yang diikuti oleh pelajar, mahasiswa dan pemuda di daerah ini.

Menurut dia, dalam puncak peringatan Sumpah Pemuda dan Kongres Buku Nasional itu, LPA akan membuat panggung inspirasi yang akan menghadirkan tokoh-tokoh yang gemar membaca buku sehingga dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak dan generasi penerus bangsa.

"Salah satunya tokoh yang akan kita undang adalah TGH M Zainul Majdi, yang sangat gemar membaca dan saat ini bisa menjadi Gubernur NTB," sebutnya.

Mantan anggota DPRD Kota Mataram dari Partai PDI-P ini mengatakan, ide menghimpun 100.000 buku di NTB ini diinisiasi oleh pegiat pendidikan dari Kabupaten Lombok Utara Nursida Syam.

Pasalnya, kata Erna, karena teknologi yang semakin canggih, minat baca masyarakat terutama anak-naak semakin berkurang yang disebabkan banyaknya fasilitas permaian dan jaringan internet.

"Untuk mengembalikan minat baca itulah, dia ingin menghimpun 100.000 buku dari masyarakat untuk disumbangkan kembali ke masyarakat," katanya.

Sementara, LPA Mataram memfasilitasi dengan menjadikan Sekretariat LPA Kota Mataram sebagai tempat menghimpun buku-buku yang disumbangkan oleh para donatur di daerah ini.

Diharapkan, dengan kegiatan ini para pemerhati pendidikan bisa sama-sama menumtumbuhkan dan mengembalikan minat baca masyarakat demi mewujudkan generasi yang gemar membaca.

"Di Sekretariat LPA saat ini sudah berhasil kami himpun ratusan buku dari berbagi judul yang merupakan sumbangan dari masyarakat," katanya. (*)